Deiksis dalam pidato kebangsaan indonesia menang oleh prabowo subianto / Aulia El Razzaq - Repositori Universitas Negeri Malang

Deiksis dalam pidato kebangsaan indonesia menang oleh prabowo subianto / Aulia El Razzaq

Razzaq, Aulia El Razzaq (2022) Deiksis dalam pidato kebangsaan indonesia menang oleh prabowo subianto / Aulia El Razzaq. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pidato merupakan penyampaian pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan untuk khalayak banyak. Pidato bertujuan memengaruhi pendengar agar mengikuti ajakan pembicara secara sukarela. Deiksis adalah penunjukan melalui bahasa. Sebagai bagian dari kajian pragmatik deiksis tidak bersifat tekstual pada referen tertentu. Suatu kata disebut deiksis apabila acuannya berpindah-pindah atau berganti-ganti bergantung pada konteks yang dituturkan. Deiksis melakukan lsquo penunjukan rsquo pada sesuatu bergantung pada apa dimana kapan dan siapa yang ditunjuk. Deiksis berpengaruh juga pada jarak sejauh mana benda yang ditunjuk sesuai dengan posisi individu penutur menyampaikan deiksis itu. Penelitian ini dirancang dengan desain kualitatif dipadukan dengan teori pragmatik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini terdiri atas empat teknik yang meliputi teknik pengunduhan teknik transkripsi dan teknik catat. Instrumen penelitian ini antara lain pedoman pengunduhan data pedoman transkripsi data pedoman spengumpulan data dan pedoman analisis data. Hasil penelitian ini berupa bentuk-bentuk deiksis yaitu deiksis persona deiksis waktu dan deiksis ruang. Deiksis persona pertama jamak ditemukan pronomina kita dan kami. Kemudian deiksis persona kedua tunggal ditemukan pronomina engkau atau variannya kau dan bentuk terikat -mu. Deiksis persona kedua jamak ditemukan pronomina kalian. Lalu deiksis persona ketiga tunggal ditemukan pronomina beliau. Deiksis persona ketiga jamak ditemukan pronomina mereka. Deiksis waktu titik labuh masa lalu ditemukan kata ganti lalu. Kemudian deiksis waktu titik labuh masa kini ditemukan kata ganti sekarang. Lalu deiksis waktu titik labuh masa yang akan datang ditemukan kata ganti akan datang. Deiksis ruang titik labuh lokatif jauh ditemukan kata ganti di sini. Sedangkan deiksis ruang titik lokatif dekat ditemukan kata ganti di situ. Kemudian deiksis runag dengan pronomina demonstrativa ditemukan kata ganti tunjuk ini dan itu. Saran bagi peneliti lain penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan pengembangan penelitian tentang deiksis pada pidato. Diharapkan ada tindak lanjut penelitian dengan fokus yang lebih luas bagi peneliti lainnya dalam rangka memperkaya wawasan tentang ilmu kebahasaan khususnya di bidang pragmatik. Saran bagi pembaca penelitian ini dapat digunakan sebagai salah satu bahan literasi untuk memahami bentuk-bentuk deiksis pada pidato. Diharapkan pembaca lebih banyak lagi memperkaya pengetahuan dan memahami khususnya teori deiksis dan umumnya kajian pragmatik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/291407

Actions (login required)

View Item View Item