Keefektivan konseling kelompok kognitif behavior teknik restrukturisasi kognitif untuk meningkatkan kebiasaan belajar siswa SMPN 1 Lawang / Baiq Isna Maulida Famuji - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektivan konseling kelompok kognitif behavior teknik restrukturisasi kognitif untuk meningkatkan kebiasaan belajar siswa SMPN 1 Lawang / Baiq Isna Maulida Famuji

Famuji, Baiq Isna Maulida (2023) Keefektivan konseling kelompok kognitif behavior teknik restrukturisasi kognitif untuk meningkatkan kebiasaan belajar siswa SMPN 1 Lawang / Baiq Isna Maulida Famuji. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kebiasaan belajar merupakan hal yang penting untuk diperhatikan karena menjadi salah satu komponen utama yang menunjang prestasi atau keberhasilan belajar siswa. Namun tidak sedikit peserta didik memiliki kebiasaan belajar yang kurang baik. hal tersebut tercermin dari perilaku siswa yang jarang mengerjakan tugas tidak aktif dalam kegiatan pembelajaran tidak menyiapkan materi pelajaran dan perilaku lainnya yang mengindikasikan adanya kebiasaan belajar negatif. Kebiasaan belajar negatif diyakini bersumber dari pemikiran siswa yang kurang tepat mengenai belajar bagi dirinya sendiri yang ditunjukkan dari perilaku negatif terhadap belajar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut pemilihan pendekatan konseling kelompok kognitif behavior teknik restrukturisasi kognitif dianggap sesuai karena pendekatan tersebut diarahkan untuk memodifikasi cara berpikir maupun bertindak yang menekankan pada aspek kognisi. Dengan mengubah pemikiran diharapkan dapat mengubah tingkah lakunya dari negatif menjadi positif. Berdasarkan kajian empiris dan kajian teoritis tujuan penelitian ini adalah mengetahui keefektifan konseling kelompok kognitif behavior teknik restrukturisasi kognitif untuk meningkatkan kebiasaan belajar siswa SMPN 1 Lawang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Adapun desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah One-Group Pretest-Posttest. Penentuan subjek menggunakan purposive sampling. Subjek yang diambil dalam penelitian ini berjumlah delapan orang siswa yang memiliki skor kebiasaan belajar rendah setelah diukur dengan skala kebiasaan belajar. Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan terdiri dari dua macam yaitu pedoman eksperimen dan skala kebiasaan belajar yang diadopsi dari skripsi milik Khoiru Nawawi (2016). Adapun teknik analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial yang terdiri dari uji N-gain skor dan uji wilcoxon untuk menjawab hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan skor kebiasaan belajar siswa di SMPN 1 Lawang yang cukup signifikan yang dapat dilihat dari perolehan skor sebelum dan setelah diberikan intervensi dengan menggunakan konseling kelompok kognitif behavior teknik restrukturisasi kognitif. Berdasarkan hasil uji N-gain skor yang telah dilakukan perbedaan skor pretest dan posttest berada dalam kategori sedang. Selain itu hasil uji wilcoxon yang menunjukkan nilai Z (nilai beda) sebesar -2.524b dan kolom Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0 012. Dari nilai tersebut diketahui bahwa 0 012 lt 0 05 yang artinya Ha diterima berdasarkan analisis statistik tersebut konseling kelompok kognitif behavior teknik restrukturisasi kognitif efektif untuk meningkatkan kebiasaan belajar siswa SMPN 1 Lawang. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil analisis yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok kognitif behavior teknik restrukturisasi kognitif efektif untuk meningkatkan kebiasaan belajar siswa SMPN 1 Lawang. Konselor sekolah dapat menggunakan pendekatan konseling kelompok kognitif behavior teknik restrukturisasi kognitif sebagai salah satu alternatif untuk mengatasi masalah kebiasaan belajar negatif karena pendekatan konseling ini mudah untuk diterapkan. Untuk peneliti selanjutnya penelitian ini perlu ditindaklanjuti pada jenjang pendidikan lainnya seperti SMA/SMK MA dan jenjang lainnya untuk melihat efektivitas secara lebih luas dan menambahkan kelompok kontrol dalam penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 May 2023 04:29
Last Modified: 26 Sep 2024 04:48
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/291384

Actions (login required)

View Item View Item