Hubungan motivasi belajar dan prokrastinasi akademik dengan hasil belajar siswa di SMP Negeri 27 Malang / Norma Riska Amalia</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan motivasi belajar dan prokrastinasi akademik dengan hasil belajar siswa di SMP Negeri 27 Malang / Norma Riska Amalia</p>

Amalia, Norma Riska (2023) Hubungan motivasi belajar dan prokrastinasi akademik dengan hasil belajar siswa di SMP Negeri 27 Malang / Norma Riska Amalia</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Amalia Norma Riska. 2023. Hubungan Motivasi Belajar dan Prokrastinasi Akademik dengan Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 27 Malang. Skripsi Departemen Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Ella Faridati Zen M. Pd (2) Dr. Arbin Janu Setiyowati S.Pd. M.Pd Kata kunci motivasi belajar prokrastinasi akademik hasil belajar Hasil belajar merupakan perolehan yang didapat oleh siswa setelah mengikuti proses pembelajaran. Dari hasil belajar yang diperoleh siswa akan merubah tingkah laku menjadi lebih baik untuk mendapatkan hasil yang memuaskan daripada sebelumnya. Hasil belajar yang diperoleh siswa atas dasar kemampuan yang dimiliki. Pencapaian hasil belajar siswa tentu dipengaruhi oleh berbagai macam faktor diantaranya motivasi belajar dan prorkastinasi akademik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dan prokrastinasi akademik dengan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan kuantitatif jenis korelasional. Populasi penelitian berjumlah 253 siswa yang terdiri dari kelas VII dan VIII di SMP Negeri 27 Malang. Sampel yang diambil sebesar 113 siswa. Teknik dalam pengambilan sampel yang digunakan yaitu simple random sampling. Penelitian menggunakan skala motivasi belajar dan skala prokrastinasi akademik yang sudah teruji validitas dan realibilitasnya. Sedangkan untuk pengukuran hasil belajar menggunakan nilai rapot tahun ajaran 2022/2023. Hasil uji validitas pada skala motivasi belajar dari 34 item hanya tersisa 30 item yang valid dikarenakan nilai R hitung gt 0 361 sedangkan skala prokrastinasi akademik dari 25 item hanya tersisa 20 item yang valid. Selain itu untuk hasil uji realibilitas skala motivasi belajar sebesar 0 874 dan skala prokrastinasi akademik sebesar 0 831. Teknik analisis data yang dilakukan yakni meliputi analisis deskriptif dan statistik seperti melakukan uji prasyarat serta uji korelasional. Hasil uji hipotesis pertama menunjukkan adanya hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar. Hal tersebut ditunjukkan dari perolehan nilai koefisien korelasi sebesar 0 253 dengan nilai sig. 0 007 lt 0 05. Selanjutnya hipotesis kedua juga menunjukkan adanya hubungan negatif antara prokrastinasi akademik yang ditunjukkan dari perolehan nilai koefisien korelasi -0 252 dengan nilai sig. 0 007 lt 0 05. Kemudian hipotesis ketiga secara simultan menunjukkan adanya hubungan motivasi belajar dan prokrastinasi akademik dengan hasil belajar yang ditunjukkan dari nilai sig. 0 004 lt 0 05. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan (1) terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa di SMP Negeri 27 Malang artinya jika motivasi belajar tinggi maka hasil belajar akan tinggi pula (2) terdapat hubungan negatif antara prokrastinasi akademik dengan hasil belajar siswa di SMP Negeri 27 Malang artinya semakin tinggi tingkat prokrastinasi akademik maka akan semakin rendah hasil belajar (3) terdapat hubungan motivasi belajar dan prokrastinasi akademik dengan hasil belajar siswa di SMP Negeri 27 Malang sehingga dapat diartikan bahwa secara simultan motivasi belajar dan prokrastinasi akademik memiliki hubungan dengan hasil belajar siswa. Saran bagi konselor yakni agar dapat memperhatikan terkait faktor-faktor motivasi belajar dan prokrastinasi akademik supaya hasil belajar pada siswa bisa lebih baik serta dapat memberikan layanan BK berupa bimbingan belajar untuk dapat memberikan bantuan kepada siswa terkait masalah belajar yang dihadapi. Sedangkan bagi peneliti selanjutnya yaitu agar dapat mengkaji variabel-variabel lain yang memiliki hubungan dengan hasil belajar untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/291381

Actions (login required)

View Item View Item