Keefektifan teknik problem solving untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa smp negeri 1 peterongan / Ayu Dyah Kristanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan teknik problem solving untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa smp negeri 1 peterongan / Ayu Dyah Kristanti

Kristanti, Ayu Dyah Kristanti (2023) Keefektifan teknik problem solving untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa smp negeri 1 peterongan / Ayu Dyah Kristanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Kristanti Ayu Dyah. 2023. Keefektifan Teknik Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Negeri 1 Peterongan. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (I) Drs. Lutfi Fauzan M.Pd (II) Irene Maya Simon M.Pd. Kata Kunci berpikir kritis problem solving siswa SMP Berpikir kritis merupakan kemampuan memahami menganalisa dan menyimpulkan sebuah fakta untuk membentuk penilaian. Seseorang yang mampu berpikir secara kritis akan cenderung memiliki ketertarikan dalam membaca dan memahami suatu hal. Individu yang kurang mampu menggunakan pemikiran kritisnya akan lebih mudah terpengaruh dengan informasi yang belum tentu terbukti kebenarannya dan hal tersebut akan memberikan pengaruh negatif kepada dirinya. Berdasarkan hal tersebut maka diperlukan upaya untuk mengetahui kemudian meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa salah satunya dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving. Melalui teknik problem siswa dapat belajar dan berlatih secara berkelompok guna mengembangkan kemampuan berpikir kritis yang dimiliki dengan memecahkan sebuah studi kasus. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan teknik problem solving dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Rancangan penelitian eksperimen menggunakan desain One-Group Pretest-Postest Design dengan subjek penelitian siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Peterongan yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah hingga sedang sebanyak sepuluh orang. Subjek penelitian ini berjumlah 10 siswa yang ditentukan melalui teknik purposive sampling dengan beberapa kriteria yaitu siswa aktif di SMP Negeri 1 Peterongan siswa kelas VIII bersedia untuk mengikuti kegiatan sampai akhir penelitian memiliki skor inventori kemampuan berpikir kritis sedang dan rendah berdasarkan pengukuran menggunakan skala kemampuan berpikir kritis. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test. Berdasarkan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0 045 dan kurang dari batas yaitu 0 05 maka kesimpulan yang dapat ditarik yaitu terdapat perbedaan antara sebelum dan setelah diberikan treatment berupa layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving. Hal ini membuktikan bahwa teknik problem solving efektif untuk meningkatan kemampuan berpikir kritis siswa SMP Negeri 1 Peterongan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/291375

Actions (login required)

View Item View Item