Pengembangan buku panduan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk mencegah perilaku agresif verbal siswa smp / Nur Niswatin Naimah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku panduan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk mencegah perilaku agresif verbal siswa smp / Nur Niswatin Naimah

Naimah, Nur Niswatin (2023) Pengembangan buku panduan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk mencegah perilaku agresif verbal siswa smp / Nur Niswatin Naimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Naimah Nur Niswatin. 2023. Pengembangan Buku Panduan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama Untuk Mencegah Perilaku Agresif Verbal Siswa SMP. Skripsi Departemen Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Yuliati Hotifah S.Psi M.Pd. (II) Dr. Henny Indreswari M.Pd. Kata Kunci buku panduan bimbingan kelompok teknik sosiodrama perilaku agresif verbal Perilaku agresif verbal adalah suatu tindakan yang dimaksudkan untuk melukai lawan bicara dalam bentuk perkataan atau ucapan hal ini terjadi karena tidak mampu mengontrol emosi yang ada pada diri individu sehingga menyebabkan pertengkaran mulut menghina mengolok-olok satu dengan yang lainnya. Hasil wawancara dengan ketiga narasumber menunjukkan bahwa tingkat agresif verbal di SMP Shalahuddin Malang terdapat disemua jenjang kelas sehingga perlu adanya tindaklanjut untuk mencegah perilaku tersebut yang jika dibiarkan akan menjadi karakter dan budaya dalam diri siswa dianggap hal biasa dan wajar yang sebenarnya bisa menjadi permasalahan lebih serius jika tidak teratasi dan masih dilakukan secara terus menerus. Proses mencegah perilaku agresif verbal di sekolah dapat dibantu dengan layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik sosiodrama yang membantu siswa belajar mengembangkan keterampilan baru dari penghayatan dan pemahaman perasaan orang lain. Oleh karena itu peneliti mengembangkan buku panduan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk mencegah perilaku agresif verbal siswa SMP. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model dari Borg amp Gall yang memiliki sepuluh langkah penelitian kemudian diadaptasi menjadi lima langkah yang sesuai dengan kebutuhan penelitian. Langkah-langkahnya meliputi potensi dan masalah pengumpulan data desin produk validasi desain produk dan revisi desain produk. Buku panduan telah diuji dan dinilai oleh ahli materi ahli media dan konselor sebagai calon pengguna. Analisis data uji ahli berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif pada uji ahli materi dan calon pengguna dianalisis menggunakan inter-rater agreement yang dikembangkan oleh Gregory dan uji ahli media dianalisis menggunakan rerata atau mean. Sedangkan data kualitatif dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian berupa produk buku panduan yang ditujukan kepada konselor sekolah agar dapat menunjang pemberian layanan bimbingan kelompok untuk mencegah perilaku agresif verbal pada siswa dengan menggunakan teknik sosiodrama. Produk telah melalui proses pengkajian dan pengujian oleh para ahli. Buku panduan menggunakan ukuran B5 (250 X 353 mm) bahan sampul menggunakan kertas art paper dan bahan isi menggunakan kertas HVS 70 gram. Buku panduan ini terdiri dari lima bagian yaitu pendahuluan kajian pustaka petunjuk pelaksanaan bimbingan kelompok teknik sosiordama prosedur pelaksanaan bimbingan kelompok teknik sosiodrama dan evaluasi. Produk yang telah dikembangkan selanjutnya akan diuji kepada para ahli yaitu ahli materi ahli media dan calon pengguna. Analisis data yang diperoleh dari uji ahli materi menunjukkan hasil skor dengan indeks 1 00 dan masuk pada kategori validasi sangat tinggi. Hasil analaisis data dari uji ahli media mendapatkan rentang skor rata-rata 3 85 yang masuk dalam kategori sangat layak. Hasil analisis data yang diperoleh dari uji ahli calon pengguna menunjukkan hasil skor dengan indeks 1 00 dan masuk pada kategori validasi sangat tinggi. Hasil penelitian yang diberikan oleh uji ahli secara keseluruhan menunjukkan bahwa buku panduan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk mencegah agresif verbal siswa SMP sangat berterima dengan validitas sangat tepat sangat mudah sangat mudah dan sangat menarik. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh menunjukkan bahwa produk panduan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk mencegah agresif verbal siswa SMP telah layak digunakan oleh konselor sebagai panduan dalam memberikan layanan bimbingan kelompok di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2023 04:29
Last Modified: 15 Dec 2023 07:29
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/291373

Actions (login required)

View Item View Item