Pelaksanaan layanan responsif bimbingan dan konseling di smkn 3 boyolangu / Miftah Nur Salima - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan layanan responsif bimbingan dan konseling di smkn 3 boyolangu / Miftah Nur Salima

Salima, Miftah Nur Salima (2023) Pelaksanaan layanan responsif bimbingan dan konseling di smkn 3 boyolangu / Miftah Nur Salima. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salima Miftah Nur. 2023. Pelaksanaan Layanan Responsif Bimbingan dan Konseling di SMKN 3 Boyolangu. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Ella Faridati Zen M.Pd (2) Drs. Djoko Budi Santoso M.Pd. Kata Kunci layanan responsif bimbingan dan konseling sekolah menengah kejuruan Layanan responsif merupakan bagian dari bimbingan dan konseling yang menjadi sarana pemberian bantuan oleh guru bimbingan dan konseling kepada siswa. Pelaksanaan layanan responsif bisa berjalan dengan baik namun juga tidak jarang pelaksanaan mengalami hambatan. Layanan responsif memiliki beberapa jenis yaitu konseling individu konseling kelompok konsultasi konseling teman sebaya kolaborasi dengan guru mata pelajaran atau wali kelas konferensi kasus alih tangan atau referal dan kunjungan rumah (home visit). Pelaksanaan layanan responsif disesuaikan dengan masalah siswa sehingga dapat ditemukan solusinya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi layanan responsif yang dilaksanakan di SMKN 3 Boyolangu dan juga mengetahui hasil pelaksanaan layanan responsif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini meliputi guru bimbingan dan konseling dan wali kelas. Informan ditentukan menggunakan purposive sampling. Purposive sampling adalah teknik penentuan sampel berdasarkan pertimbangan tertentu (Sugiyono 2015). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode analysis interactive oleh Miles dan Huberman dengan tiga bagian yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya proses validasi data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Peneliti melakukan perbandingan antara hasil wawancara dengan hasil dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah guru BK melaksanakan hampir semua jenis layanan responsif yaitu layanan konseling individu layanan konsultasi konseling teman sebaya alih tangan home visit konferensi kasus dan kolaborasi dengan wali kelas. Seluruh layanan responsif di SMKN 3 Boyolangu dilaksanakan oleh guru bimbingan dan konseling sesuai prosedur yang telah ada. Pelaksanaan layanan responsif melibatkan instrumen sekolah serta orangtua siswa. Dalam pelaksanaan layanan juga mengalami hambatan yaitu pada home visit yang belum ada anggaran khusus. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan layanan responsif di SMKN 3 Boyolangu berjalan dengan baik. Layanan responsif dilaksanakan sesuai prosedur dan melibatkan berbagai instrumen sekolah. Dalam pelakdanaan layanan responsif juga terdapat hambatan yaitu pada pelaksanaan home visit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/291372

Actions (login required)

View Item View Item