Keefektifan konseling kelompok rebt dengan teknik reframing untuk mereduksi stres akademik siswa sma negeri 8 malang / Shafa Rahmadiena Maulany - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan konseling kelompok rebt dengan teknik reframing untuk mereduksi stres akademik siswa sma negeri 8 malang / Shafa Rahmadiena Maulany

Maulany, Shafa Rahmadiena Maulany (2023) Keefektifan konseling kelompok rebt dengan teknik reframing untuk mereduksi stres akademik siswa sma negeri 8 malang / Shafa Rahmadiena Maulany. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan konseling kelompok REBT dengan teknik reframing untuk mereduksi stres akademik siswa SMA Negeri 8 Malang. Pendekatan yang digunakan yaitu kuantitatif dengan metode eksperimen berdesain one group pretest-posttest dan digunakan purposive sampling dalam pengambilan sampelnya. Berdasarkan hasil pre-test serta proses konfirmasi didapatkan sampel penelitian sebanyak 6 siswa yang memiliki skor stres akademik dalam kategori tinggi yang diberikan intervensi sebanyak 6 kali pertemuan dan dilanjutkan dengan pemberian posttest. Instrumen yang digunakan yaitu Skala Stres Akademik yang dikembangkan peneliti berdasarkan teori Nist-Olejnik dan Holschuh. Hasil analisis skor pre-test dan posttest melalui uji Wilcoxon menunjukkan Asymp.Sig (2-tailed) lt 0 05 yaitu sebesar 0 028 yang memiliki makna terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan setelah diberikan intervensi sehingga dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok REBT dengan teknik reframing efektif untuk mereduksi stres akademik siswa SMA Negeri 8 Malang. Berdasarkan hasil kesimpulan peneliti memberikan saran (1) bagi guru Bimbingan dan Konseling atau konselor dapat melakukan layanan konseling kelompok menggunakan teknik reframing untuk mereduksi stres akademik siswa SMA Negeri 8 Malang (2) bagi peneliti selanjutnya dapat menggunakan rancangan penelitian eksperimen yang berbeda misalnya menggunakan kelompok kontrol atau pembanding.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/291370

Actions (login required)

View Item View Item