Pengembangan bahan ajar mata pelajaran administrasi sarana prasarana berbasis guided inquiry untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 3 Singosasi Kabupaten Malang) / Putri Desi Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar mata pelajaran administrasi sarana prasarana berbasis guided inquiry untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 3 Singosasi Kabupaten Malang) / Putri Desi Lestari

Lestari, Putri Desi (2017) Pengembangan bahan ajar mata pelajaran administrasi sarana prasarana berbasis guided inquiry untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 3 Singosasi Kabupaten Malang) / Putri Desi Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lestari P. D. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Administrasi Sarana Prasarana Berbasis Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Siswa Kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 3 Singosari Kabupaten Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Gatot Isnani M.Si (2) Drs. H. Mohammad Arief M.Si. Kata Kunci Bahan Ajar Modul Guided Inquiry Hasil Belajar Bahan ajar menjadisuatukebutuhanataukomponenutamabagi guru dansiswa. Dengan adanya bahan ajar dalam proses pembelajaran diharapkan mampumemberikanpemahamandanpenguasaankompetensisecarautuh kepada siswa dan juga dapat membuat siswa aktif dalam proses pembelajaran. Bahan ajar harusdisusunsesuaidengankurikulumdankaraktersiswa agar dapatmencapaihasil yang telahditentukan. Salah satubahan ajar yang dapatdigunakanyaitubahan ajar cetakberupamodul. Dalam proses pembelajaran guru jugaharusmenentukan model pembelajaran yang tepatselainpenerapanmodul. Ada berbagai model pembelajaran yang dapatdigunakan guru dalam proses pembelajaran salahsatunya model pembelajaranguided inquiry. Model pembelajaranguided inquirymerupakansalahsatu model yang dapatmendorongsiswauntukaktifdalampembelajaran. Pengembangan bahan ajar berupa modul ini bertujuan untuk (1) MenghasilkanmodulAdministrasiSaranaPrasaranaberbasisguided inquirypadakompetensidasarMengidentifikasiDefinisidanRuangLingkupSaranadanPrasarana Kantor danMenentukanFungsiManajemenSaranadanPrasarana (2) Mengetahuikelayakanmodul yang telahdihasilkanmelaluihasilvalidasidanujicobamodul (3) Mengetahuiperbedaanhasilbelajarsiswa yang menggunakanmoduldengansiswa yang tidakmenggunakanmodulAdministrasiSaranaPrasaranaberbasisguided inquiry. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan Borg Gall dengan langkah-langkah yang telah dimodifikasi sebagai berikut (1) Penelitiandanpengumpulan data (2) Perencanaan (3) Pengembangandrafproduk (4) Ujicobaawal (5) Revisihasilujicobaawal (6) Ujicobalapangan (7) Penyempurnaanprodukakhir dan (8) Diseminasidanimplementasi. Validasi modul dilakukan oleh 2 orang ahli modul 2 orang ahli materi dan 6 orang siswa. Jenis data dari penelitian dan pengembangan ini adalah data kualititaif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari masukan dari validator ahli dan validator siswa terhadap modul. Data kuantitatif diperoleh dari perhitungan skor pada kuesioner validasi ahli dan kuesioner validasi siswa hasil analisis butir soal dan hasil posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah kuesioner validasi tes tertulis dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data validasi untuk mengetahui kelayakan modul analisis butir soal untuk mengetahui butir soal yang baik yang akan digunakan posttest dan independent sample ttest dengan taraf 5% untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil kelayakan modul dari ahli modul sebesar 93 33% yang menunjukkan bahwa modul sangat valid dari ahli materi sebesar 91 25% yang menunjukkan bahwa modul sangat valid dan dari siswa sebesar 85 33% yang menunjukkan bahwa modul sangat valid. Hasil belajar siswa diperoleh dari rata-rata nilai posttest kelas eksperimen memperoleh rata-rata 83 75 dan kelas kontrol memperoleh rata-rata 76 45. Analisis selanjutnya yaitu analisis uji t yang menunjukkan bahwanilait_hitung 61502 t_tabel (2 374 61502 1 669) denganprobabilitas 61500 0 05 (0 021 61500 0 05) makaH_0 ditolak yang artinya terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar antara kelas eksperimendankelaskontrol. Kajian produk dari penelitian dan pengembangan ini adalah (1) Produk yang dihasilkanyaitubahan ajar berupamodulAdministrasiSaranaPrasaranaberbasisguided inquiry (2) Hasilvalidasiahlimodulmenunjukkankriteria sangat valid validasiahlimaterimenunjukkankriteria sangat valid validasisiswamenunjukkankriteria sangat valid (3) Berdasarkanhasilposttest terdapatperbedaanhasilbelajarantarakelaseksperimendankelaskontrol dimana nilai kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Saran pemanfaatan pada penelitian dan pengembangan ini yaitu (1) Sebaiknyasiswaterlebihdahulumembacapetunjukpenggunaanmodul agar siswamemahamibagaimanapelaksanaanpembelajarandalam proses pembelajaranmenggunakanmodul (2) Guru berperansebagaipendampingsiswadalam proses kegiatanpembelajaranapabilasiswakesulitandalampembelajaran (3) Guru harusmemahamiseluruhbagianmoduldandapatmenguasaikelassehinggadapatmengarahkansiswadalammempelajarimodul.Saran pengembangan lebih lanjut pada penelitian dan pengembangan ini yaitu (1) PengembanganpenelitianmodulAdministrasiSaranaPrasaranaperludikembangkandenganpenambahanmateri yang lebihluasdangambarterkini (2) Pengembanganmodulsebaiknyadilakukanpadamateriataukompetensidasarselanjutnya yang belummemilikibahan ajar/modul (3) Pengembanganmodulsebaiknyajugadilakukanpadamatapelajaranlainnya

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Apr 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29137

Actions (login required)

View Item View Item