Stigma guru bimbingan dan konseling dalam memberikan layanan bk (studi fenomenologi pada siswa smk negeri 8 malang) / Solikhah Robiatul Amin - Repositori Universitas Negeri Malang

Stigma guru bimbingan dan konseling dalam memberikan layanan bk (studi fenomenologi pada siswa smk negeri 8 malang) / Solikhah Robiatul Amin

Amin, Solikhah Robiatul Amin (2023) Stigma guru bimbingan dan konseling dalam memberikan layanan bk (studi fenomenologi pada siswa smk negeri 8 malang) / Solikhah Robiatul Amin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Stigma merupakan pelabelan negatif kepada individu atau kelompok tertentu yang dinilai berbeda. Fenomena stigma dapat terjadi pada berbagai lapisan masyarakat dan kehidupan sosial Guru BK juga tidak lepas dari pandangan negatif oleh peserta didik hal ini dibuktikan dengan adanya penelitian terdahulu yang mengkaji permasalahan streotip siswa terhadap Guru BK. Permasalahan hampir sama ditemukan di SMK Negeri 8 Malang sehingga penelitian ini dilakukan dengan tujuan (1) untuk mengetahui pemaknaan siswa terkait layanan bimbingan dan konseling (2) untuk mengatahui faktor penyebab stigma (3) dan untuk mengetahui perkembangan stigma yang ada di SMK Negeri 8 Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan desain penelitian fenomenologi teknik pengambilan data yang digunakan adalah wawancara observasi dan dokumentasi. Partisipan dalam penelitian ini terdiri dari 3 siswa yakni 1 siswi perempuan dan 2 siswa laki-laki yang diperoleh melalui teknik pengambilan sample snowball. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas melalui metode member check dan uji validasi dengan triangulasi teknik. serta analisis data menggunakan Interpretative Phenomenology Analysis (IPA) yang terdiri dari 6 tahapan yaitu (1) reading and re-reading (2) initial noting (3) developing imergent themes (4) searching for connection a cross emergent themes (5) moving the next cases (6) looking for patterns a cross cases. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) layanan BK dimaknai sebagai bantuan kepada siswa dalam bidang akademik maupun non akademik. Serta penanganan bagi siswa bermasalah (2) faktor penyebab stigma yakni kurangnya kreativitas dalam layanan perasaan tidak nyaman terhadap pola komunikasi Guru BK anggapan terhadap peran Guru BK di sekolah dan sistematika pemberian layanan BK (3) stigma yang terbentuk yaitu streotip dan labelling. Berdasarkan temuan penelitian ini Konselor diharapkan mampu menyusun strategi pendekatan secara lebih menarik serta perlunya pemerataan dan relevansi pemberian layanan bimbingan dan konseling berdasarkan kebutuhan peserta didik. Untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengkaji fenomena stigma secara lebih luas tidak hanya pada ranah bimbingan dan konseling. penggunaan aspek-aspek lain seperti dampak stigma proses terjadinya stigma atau tipe-tipe stigma. Serta pendalaman permasalahan dengan pengembangan teori lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jun 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/291369

Actions (login required)

View Item View Item