Pengembangan model pembelajaran outdoor learning berbasis groca pada mata pelajaran ips di mts almuhtadi / Luluk Mufarohah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model pembelajaran outdoor learning berbasis groca pada mata pelajaran ips di mts almuhtadi / Luluk Mufarohah

Mufarohah, Luluk Mufarohah (2023) Pengembangan model pembelajaran outdoor learning berbasis groca pada mata pelajaran ips di mts almuhtadi / Luluk Mufarohah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Inovasi dalam penggunaan model pembelajaran berbasis outdoor learning dalam waktu ini berkembang sangat pesat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran dan menguji kelayakan model pembelajaran outdoor learning berbasis GROCA. Adapun metode yang digunakan adalah pendekatan R amp D (Research and Develompent) dengan desain ADDIE yang terdiri lima tahapan yaitu analyze (analisis) design (perancangan) development (pengembangan) implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Subjek penelitian yaitu 33 peserta didik dan 1 guru. Penelitian ini menggunakan angket validasi dan angket respon siswa validasi instrumen menunjukkan kelayakan produk yang diusulkan. Hitungan skala likert digunakan dalam prosedur analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran outdoor learning berbasis GROCA mempunyai empat tahapan diantaranya 1) grouping (membentuk kelompok) 2) routing (penentuan rute) 3) challenging (pemberian tantangan) dan 4) appreciation (apresiasi). Selain itu penelitian menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan dapat digunakan dalam proses belajar mengajar dan memenuhi persyaratan untuk dapat diimplementasikan. Rekomendasi pada penelitian ini adalah guru perlu lebih memahami mengenai pentingnya menggunakan model pembelajaran yang inovatif dalam proses pembelajaran sehingga mampu mengembangkan model pembelajaran sesuai dengan kebutuhan siswa. Selain itu rekomendasi bagi peneliti selanjutnya yaitu agar mengembangkan model pembelajaran serupa dengan inovasi dan kreatifitas yang lebih baik sesuai tuntutan dan perkembangan pendidikan kedepannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jun 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/291360

Actions (login required)

View Item View Item