Muqtashida, Tsamrotul (2023) Problematika guru IPS dalam implementasi kurikulum Merdeka (studi kasus di SMP Negeri lingkup Kota Malang) / Tsamrotul Muqtashida</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Abstrak Peningkatan kualitas pendidikan menjadi salah satu prioritas utama dalam upaya mencapai tujuan pendidikan yang berkualitas di Indonesia. Kurikulum Merdeka diperkenalkan oleh pemerintah sebagai upaya untuk mengatasi krisis pendidikan di Indonesia dalam 20 tahun terakhir dengan menjadikan siswa cerdas dan berkarakter Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis problematika dan mengidentifikasi strategi guru pengampu mata pelajaran llmu Pengetahuan Sosial di SMP Negeri lingkup Kota Malang dalam pengimplementasian Kurikulum Merdeka. Metode penelitian kualitatif jenis studi kasus merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan melibatkan sebanyak 42 informan dengan rincian 24 informan kunci (guru IPS) dan 18 informan pendukung (kepala sekolah dan wakil kepala sekolah urusan kurikulum). Teknik penentuan informan yang digunakan yakni teknik purposive. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi non-partisipatif wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan Teori Pilihan Rasional. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa problematika guru IPS dalam Implementasi Kurikulum Merdeka yaitu paradigma pembelajaran berdiferensiasi pengaturan waktu pelaksanaan P5 perancangan perangkat pembelajaran pengaplikasian materi IPS yang kompleks dan keterbatasan sumber daya. Kemudian (2) strategi yang direkomendasikan yaitu penyediaan pendekatan pembelajaran yang beragam koordinasi antar guru mata pelajaran peningkatan pemahaman dan keterampilan guru pemetaan materi IPS dan penggunaan sumber daya yang ada. Rekomendasi penelitian ini adalah guru menyediakan pembelajaran yang beragam koordinasi antar guru mata pelajaran lebih aktif belajar dan mencari informasi dengan mengikuti pelatihan memetakan materi IPS dan menggunakan sumber daya yang ada. Kemudian rekomendasi untuk peneliti selanjutnya yaitu mengkaji tentang problematika guru penggerak SMP Kota Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Jun 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/291354 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |