Upaya guru untuk meningkatkan keterampilan sosial peserta didik dalam pembelajaran IPS / Bintang Muhammad Sahara Efendi - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya guru untuk meningkatkan keterampilan sosial peserta didik dalam pembelajaran IPS / Bintang Muhammad Sahara Efendi

Efendi, Bintang Muhammad Sahara (2023) Upaya guru untuk meningkatkan keterampilan sosial peserta didik dalam pembelajaran IPS / Bintang Muhammad Sahara Efendi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kondisi keterampilan sosial peserta didik saat ini bisa dibilang cukup memprihatinkan. Banyak perilaku yang mencerminkan rendahnya keterampilan sosial. Artikel penelitian ini mencoba membahas mengenai permasalahan keterampilan sosial peserta didik pada tingkat SMP kelas 7-9. Permasalahan keterampilan sosial mereka menimbulkan berbagai permasalahan selama proses pembelajaran di kelas. Maka dari itu artikel ini memfokuskan penelitian dengan tujuan 1) mendeskripsikan kondisi keterampilan sosial yang dimiliki peserta didik dalam pembelajaran IPS dan 2) mendeskripsikan upaya yang telah dilakukan guru IPS dalam meningkatkan keterampilan sosial peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan teknik purposive dan snowball dalam memilih subjek penelitian. Teknik analisis data menggunakan model interaktif yang terdiri dari 1) data collection 2) data condensation 3) data display 4) conclusion drawing and verification. Peneliti juga menggunakan teknik triangulasi data untuk mengecek validitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapan peserta didik memiliki keterampilan sosial yang rendah. Mengatasi permasalahan tersebut guru melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan keterampilan sosial yang terbagi menjadi empat indikator yaitu 1) keterampilan mematuhi aturan 2) keterampilan menghargai 3) keterampilan berkomunikasi dan 4) keterampilan bekerja sama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 May 2023 04:29
Last Modified: 11 Aug 2023 07:16
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/291348

Actions (login required)

View Item View Item