Strategi marketing Desa Wisata Penglipuran-Bali dalam upaya keluar dari krisis pasca covid-19 / Dwi Nur Faizal - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi marketing Desa Wisata Penglipuran-Bali dalam upaya keluar dari krisis pasca covid-19 / Dwi Nur Faizal

Faizal, Dwi Nur (2022) Strategi marketing Desa Wisata Penglipuran-Bali dalam upaya keluar dari krisis pasca covid-19 / Dwi Nur Faizal. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pandemi covid-19 membawa dampak menurunnya kunjungan wisata di Indonesia Provinsi Bali adalah salah satu daerah yang terdampak. Penurunan kunjungan juga dialami oleh Desa Wisata Penglipuran (Dewi Penglipuran) di Kabupaten Bangli Bali. Salah satu cara keluar dari krisis adalah dengan menjalankan strategi pemasaran dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kapabilitas pengelola Desa Wisata Penglipuran dalam memanfaatkan teknologi sebagai saluran marketing dan menganalisis efektivitas marketing yang telah dijalankan oleh pengelola Desa Wisata Penglipuran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Data primer diambil dari wawancara dengan pengelola Dewi Penglipuran observasi dan dokumentasi di lapangan. Penentuan informan wawancara pada pengelola dilakukan secara purposive. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pengelola dalam menggunakan teknologi untuk sebagai saluran marketing dikatakan baik ditunjukkan dengan variatifnya aplikasi penunjang yang digunakan media sosial serta konten yang dibuat. Upaya pemasaran yang telah dijalankan juga efektif untuk mengembalikan jumlah kunjungan wisata hal ini ditunjukkan dengan adanya kenaikan kunjungan wisata selama tahun 2022 yang angkanya melebihi data kunjungan 2019 dan sejalan dengan langkah-langkah marketing downshifting.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Feb 2022 04:29
Last Modified: 03 Apr 2024 07:33
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/291345

Actions (login required)

View Item View Item