Upaya guru IPS dalam meningkatkan partisipasi belajar peserta didik SMPN3 3 Bandar Kabupaten Pacitan / Hamidah Nursuciana</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya guru IPS dalam meningkatkan partisipasi belajar peserta didik SMPN3 3 Bandar Kabupaten Pacitan / Hamidah Nursuciana</p>

Nursuciana, Hamidah (2023) Upaya guru IPS dalam meningkatkan partisipasi belajar peserta didik SMPN3 3 Bandar Kabupaten Pacitan / Hamidah Nursuciana</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran IPS sering kali terbilang rendah. Dengan demikian guru IPS memiliki peran untuk mendorong motivasi belajar peserta didik terutama dalam proses peningkatan partisipasi belajar. Rendahnya partisipasi belajar IPS peserta didik di SMPN 3 Bandar diakibatkan karena adanya rasa bosan dan jenuh ketika kegiatan pembelajaran. Oleh sebab itu pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan partisipasi belajar IPS peserta didik SMPN 3 Bandar dan mengetahui bagaimana respon peserta didik setelah diberi stimulus oleh guru. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMPN 3 Bandar Kabupaten Pacitan. Informan penelitian terdiri dari 2 guru IPS dan 15 orang peserta didik. Ada empat upaya yang dilakukan guru IPS guna meningkatkan partisipasi belajar peserta didik yaitu pertama mendesain pembelajaran yang menyenangkan dan inovatif guna meminimalisir rasa bosan dan jenuh peserta didik. Kedua guru memberikan reinforcement berupa penguatan positif dan penguatan negatif. Ketiga guru memberikan evaluasi pembelajaran kepada peserta didik . Keempat guru melakukan pendekatan dengan orang tua yang mana guru menghubungi orang tua peserta didik yang tingkat partisipasi belajarnya menurun melalui whatsapp serta memanggil peserta didik dan orang tua untuk datang ke sekolah. Hal tersebut dilakukan oleh guru IPS dan pihak sekolah supaya peserta didik dapat merubah perilakunya. Kemudian untuk respon yang diberikan peserta didik setelah diberi stimulus yaitu pertama mereka mengatakan bahwa pembelajaran inovatif yang dirancang oleh guru IPS membuat mereka merasa nyaman dan senang. Kedua mereka memberikan respon yang beragam ada yang merespon dan juga ada yang merubah perilakunya serta ada yang tidak merubah perilakunya. Ketiga peserta didik ada yang merasa puas dan tidak puas dengan evaluasi yang diberikan oleh guru. Keempat peserta didik ada yang merasa takut akan dimarahi oleh orang tuanya dan ada juga peserta didik yang merespon dengan biasa saja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Feb 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/291344

Actions (login required)

View Item View Item