Integrasi pendidikan lingkungan hidup pada mata pelajaran IPS di SMPN 6 Malang sebagai sarana mewujudkan sekolah bersih dan hijau / Siti Izza Mufidah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Integrasi pendidikan lingkungan hidup pada mata pelajaran IPS di SMPN 6 Malang sebagai sarana mewujudkan sekolah bersih dan hijau / Siti Izza Mufidah</p>

Mufidah, Siti Izza (2022) Integrasi pendidikan lingkungan hidup pada mata pelajaran IPS di SMPN 6 Malang sebagai sarana mewujudkan sekolah bersih dan hijau / Siti Izza Mufidah</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kerusakan lingkungan yang disebabkan dari eksploitasi alam secara besar-besaran banyak terjadi di berbagai tempat hal ini diperparah dengan rendahnya pemahaman manusia yang pada hakikatnya memiliki relasi dengan alam. Penanaman sikap di dalam mata pelajaran IPS menjadi salah satu tujuan dari IPS yaitu mengembangkan sikap yang dilakukan melalui proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana integrasi pendidikan lingkungan hidup pada mata pelajaran IPS dan partisipasi peserta didik dalam mewujudkan sekolah bersih dan hijau. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi wawancara dan dokumentasi. Observasi dilakukan dengan mengamati secara langsung pada lokasi penelitian. Wawancara dilakukan kepada informan yaitu peserta didik dan guru kelas 7.1 7.2 dan 7.3. serta dokumentasi dilakukan dengan mengumpulkan data berupa dokumen dan gambar yang dapat mendukung penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman meliputi pengumpulan data reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan serta teknik keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa integrasi pendidikan lingkungan hidup pada mata pelajaran IPS di SMPN 6 Malang dilakukan dengan menyisipkan topik tentang lingkungan disertai dengan contoh kasus nyata. Contoh kasus yang diangkat oleh guru adalah dengan menayangkan sebuah video banjir yang disebabkan karena alih fungsi lahan serta bacaan berita tentang pencemaran air karena sampah yang ada pada soal AKM. Hasilnya peserta didik mampu untuk terlibat dalam mewujudkan sekolah bersih dan hijau di SMPN 6 Malang dengan melaksanakan gotong royong bersama seluruh warga sekolah serta melaksanakan piket kelas sesuai jadwal masing-masing. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat memperbanyak teori-teori pendukung yang dapat dijadikan pembanding dan menggali sumber-sumber informasi yang lebih relevan serta lebih memaksimalkan dalam proses pengambilan dan pengumpulan data. Sehingga penelitian dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/291337

Actions (login required)

View Item View Item