Pengembangan media kejar sina guna meningkatkan minat siswa terhadap materi mitigasi bencana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media kejar sina guna meningkatkan minat siswa terhadap materi mitigasi bencana

Ibrahim, Sarah (2022) Pengembangan media kejar sina guna meningkatkan minat siswa terhadap materi mitigasi bencana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran suplemen untuk mata pelajaran IPS khususnya materi kesiapsiagaan dan mitigasi bencana alam di wilayah Malang Raya. Hasil penelitian dan pengembangan ini diharapkan mampu memberikan alternatif media pembelajaran yang bisa membantu siswa kelas 7 SMP/Mts di wilayah Malang Raya untuk lebih memahami mitigasi bencana yang berpotensi terjadi di wilayah sekitarnya. Metode yang digunakan dalam menciptakan produk dalam penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan atau yang lebih dikenal dengan metode R amp D dengan model ADDIE. Desain pengembangan tersebut meliputi Analysis (analisis) Design (desain) Development (pengembangan) Implementation (implementasi) dan Evaluation (evaluasi). Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan melalui media sosial TikTok efektif dalam meningkatkan minat siswa mempelajari materi kebencanaan dan mitigasi bencana alam di wilayah Malang Raya. Saran dalam penelitian ini yaitu mengadakan uji eksperiment guna mengetahui efektivitas media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa sekaligus mengembangkan materi agar tidak berpusat di wilayah Malang Raya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Dec 2022 04:29
Last Modified: 14 Aug 2023 08:42
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/291334

Actions (login required)

View Item View Item