Pengaruh persepsi tentang profesi guru, lingkungan keluarga dan informasi dunia kerja terhadap minat mahasiswa menjadi guru (studi pada mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2013) / Shinta Wahyuningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi tentang profesi guru, lingkungan keluarga dan informasi dunia kerja terhadap minat mahasiswa menjadi guru (studi pada mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2013) / Shinta Wahyuningtyas

Wahyuningtyas, Shinta (2017) Pengaruh persepsi tentang profesi guru, lingkungan keluarga dan informasi dunia kerja terhadap minat mahasiswa menjadi guru (studi pada mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2013) / Shinta Wahyuningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wahyuningtyas Shinta. 2016. Pengaruh Persepsi Tentang Profesi Guru Lingkungan Keluarga dan Informasi Dunia Kerja Terhadap Minat Menjadi Guru (Studi pada Mahasiswa S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2013). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Wasiti S.Sos. M.Si. (II) Dr. Aniek Indrawati S.Si. M.M. Kata Kunci Persepsi Tentang Profesi Guru Lingkungan Keluarga Informasi Dunia Kerja Minat Menjadi Guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana deskripsi persepsi tentang profesi guru lingkungan keluarga informasi dunia kerja dan minat menjadi guru (2) Pengaruh persepsi tentang profesi guru terhadap minat menjadi guru (3) Pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat menjadi guru dan (4) Pengaruh informasi dunia kerja terhadap minat menjadi guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasional. Variabel bebas penelitian ini adalah persepsi tentang profesi guru (X1) lingkungan keluarga (X2) dan informasi dunia kerja. Adapun variabel terikat dalam penelitian ini adalah minat menjadi guru (Y). Populasi dan sampel untuk penelitian ini adalah seluruh mahasiswa S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2013 yang berjumlah 158 mahasiswa. Sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket/kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu (1) Statistik Deskriptif (2) Uji Asumsi Klasik dan (3) Analisis Regresi Linier Berganda. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan kesimpulan penelitian yaitu (1) Persepsi tentang profesi guru lingkungan keluarga dan informasi dunia kerja yang dimiliki mahasiswa S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran FE UM angkatan 2013 tergolong dalam katergori baik namun penguasaan konsep kompetensi guru pada beberapa mahasiswa perlu ditingkatkan lagi. (2) Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara variabel persepsi tentang profesi guru terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran FE UM (3) Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara variabel lingkungan keluarga terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran FE UM dan (4) Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara variabel informasi dunia kerja terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran FE UM. Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti memberikan saran bahwa (1) Minat mahasiswa untuk melanjutkan karir sebagai guru sudah baik namun alangkah lebih baiknya bila mahasiswa lebih memahami lagi apa saja kompetensi yang harus dimiliki seorang guru. Terutama pada kompetensi pedagogik yang merupakan bekal dasar bagi seseorang yang menjalani profesi sebagai guru. Mahasiswa juga harus memantapkan dan meyakinkan diri untuk menjadi guru karena telah memilih pendidikan yang berlatarbelakang profesi keguruan. Selain itu mahasiswa perlu menambah referensi mengenai profesi guru untuk memperluas pengetahuan mengenai profesi guru (2) Lingkungan keluarga sudah sangat menunjang minat mahasiswa sebagai guru hanya saja perlu ditingkatkan lagi upaya untuk memberi motivasi bagi mahasiswa dalam menentukan jenjang karir. Baik berupa dukungan moril dan materil agar mahasiswa tidak ragu dalam menentukan karir yang akan dipilih karena keluarga merupakan pihak terdekat yang lebih memahami diri mahasiswa dan (3) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan memperhatikan variabel-variabel lain yang dapat mendukung minat menjadi guru seperti lingkungan teman sebaya prestasi belajar kesejahteraan guru pengalaman PPL dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Mar 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29133

Actions (login required)

View Item View Item