Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team-Achievement Divisions (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengfantar administrasi perkantoran (studi pada kompetensi dasar menjelaskan paradigma dan filosofi Administrasi perkantoran - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team-Achievement Divisions (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengfantar administrasi perkantoran (studi pada kompetensi dasar menjelaskan paradigma dan filosofi Administrasi perkantoran

Prisilia, Titan (2017) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team-Achievement Divisions (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengfantar administrasi perkantoran (studi pada kompetensi dasar menjelaskan paradigma dan filosofi Administrasi perkantoran. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prisilia Titan. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team-Achievement Divisions (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran (Studi pada Kompetensi Dasar Menjelaskan Paradigma dan Filosofi Administrasi Perkantoran Siswa Kelas X APK SMK PGRI 6 Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Wasiti S.Sos. M.Si. (II) Dr. Ludi Wishnu Wardana S.T. S.Pd. S.E. M.M Kata Kunci Student Team-Achievement Divisions (STAD) hasil belajar Kebiasaan siswa yang pasif dalam pembelajaran dapat mempengaruhi sebagian besar siswa sehingga menimbulkan rasa malu dan takut untuk bertanya tentang materi pembelajaran yang kurang dipahami. Selain kebiasaan siswa yang pasif pembelajaran yang berpusat kepada guru juga sangat mempengaruhi keaktifan siswa sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka diperlukan penerapan model pembelajaran yang tepat untuk menarik partisipasi siswa secara keseluruhan sehingga siswa dapat secara aktif menyampaikan pendapat maupun bertanya meski tidak pada guru secara langsung dan juga akan mempermudah siswa dalam pemahaman materi pembelajaran yang terkait. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran dengan menggunakan model pembelajaran Student Team-Achievement Divisions (STAD). Kompetensi dasar yang digunakan pada penelitian ini adalah menjelaskan paradigma dan filosofi administrasi perkantoran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X AP sebanyak 32 siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Tekni pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi tes dan catatan lapangan. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui tiga tahap yaitu 1) Mereduksi Data 2) Penyajian Data dan 3) Penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran model Student Team-Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan oleh perbandingan rata-rata nilai post test siklus I adalah 60 06 dan 79 59 pada siklus II. Perbandingan rata-rata nilai post test siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 19 53. Berdasarkan hasil tersebut maka saran yang dapat diberikan adalah model pembelajaran Student Team-Achievement Divisions (STAD) hendakmya dipertimbangkan untuk diterapkan dalam proses pembelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Model pembelajaran ini juga dapat diterapkan untuk mata pelajaran lain yang relevan terutama pada kelompok produktif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Mar 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29131

Actions (login required)

View Item View Item