Upaya meningkatkan kompetensi mengajar guru melalui supervisi pendidikan yang dilakukan kepala sekolah dalam mata pelajaran kelompok produktif Administrasi perkantoran (studi kasus di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen) / Beti Ayu Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya meningkatkan kompetensi mengajar guru melalui supervisi pendidikan yang dilakukan kepala sekolah dalam mata pelajaran kelompok produktif Administrasi perkantoran (studi kasus di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen) / Beti Ayu Wulandari

Wulandari , Beti Ayu (2017) Upaya meningkatkan kompetensi mengajar guru melalui supervisi pendidikan yang dilakukan kepala sekolah dalam mata pelajaran kelompok produktif Administrasi perkantoran (studi kasus di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen) / Beti Ayu Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wulandari Beti Ayu 2015. Upaya Meningkatkan Kompetensi Mengajar Guru Melalui Supervisi Pendidikan yang Dilakukan Kepala Sekolah Dalam Mata Pelajaran Kelompok Produktif Administrasi Perkantoran Studi kasus Di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Skripsi Jurusan Manajemen Fakulatas Ekonomi Prodi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs I Nyoman Saputra MSI (2) Drs Sarbini Kata Kunci Kompetensi Mengajar Guru supervisi pendidikan Kepala sekolah Kepala Sekolah memiliki kewajiban dalam mengelola dan mengendalikan kinerja guru terutama kompetensinya dalam mengajar. Apabila terdapat guru yang kurang Profesional dalam menjalankan tugasnya maka sudah merupakan kewajiban kepala sekolah untuk membimbing guru tersebut melalui supervisi pendidikan. Supervisi pendidikan bertujuan untuk membantu guru dalam membina moral kerja guru dalam rangka pertumbuhan pribadi dan jabatan serta membantu guru-guru baru di sekolah sehingga merasa nyaman dan senang dengan tugas-tugasnya. Supervisi pendidikan ini dilakukan melalui teknik yang beragam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui supervisi kepala sekolah untuk meningkatkan kompetensi mengajar guru di SMK. Berdasarkan uraian di atas maka peneliti tertarik untuk menelaah lebih dalam mengenai supervisi kepala sekolah dalam rangka meningkatkan kompetensi mengajar guru dengan fokus perencanaan program supervisi pendidikan oleh kepala sekolah dan pelaksanaan supervisi pendidikan oleh kepala sekolah untuk meningkatkan kompetensi mengajar guru di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Penelitian ini dilakukan di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen tanggal 26 Januari hingga 28 Februari 2015. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan peneliti sebagai instumen kunci. Dalam penelitian ini sumber data yang digunakan adalah kepala sekolah dan empat orang guru. Untuk melengkapi informasi yang diperoleh maka peneliti juga mengambil informasi dari hasil observasi wawancara dan dokumentasi. Temuan peneliti ini menunjukan bahwa perencanaan program supervisi pendidikan oleh kepala sekolah di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen diawali dengan menyusun dan mensosialisasi program supervisi pendidikan melalui rapat awal semester melaksanakan program supervisi pendidikan sesuai sasaran dan melakukan evaluasi program supervisi pendidikan dengan melibatkan seluruh personil sekolah pada akhir semester. Pelaksanaan supervisi oleh Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen dilakukan dengan menggunakan teknik kunjungan kelas dan pertemuan pribadi. Teknik kunjungan kelas dilakukan setiap tiga bulan sekali dimana semua guru kecuali guru ekstrakulikuler secara bergilir dalam waktu satu bulan baik langsung maupun tidak langsung. Untuk teknik rapat guru dilakukan satu bulan sekali dengan membahas berbagai hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan kegiatan pendidikan di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Melalui teknik ini semua personil sekolah berkumpul dan dapat digunakan sebagai sarana sosialisasi serta evaluasi dari program supervisi pendidikan yang dilakukan. Sedangkan pertemuan pribadi dilakukan setiap saat pada waktu luang dan dalam suasana yang nyaman. Dengan teknik ini guru berkonsultasi kepada kepala SMK atas masalah yang dihadapi. Melalui teknik ini kepala SMK juga menunjukan dan menyampaikan kepada guru tentang hasil pelaksanaan supervisi pendidikan khusunya teknik kunjungan kelas untuk dicari solusinya bersama sehingga ditemukan penyelesaian yang tepat. Seluruh teknik tersebut dilakukan dengan tujuan membantu serta membina guru agar sehingga tercapai situasi belajar mengajar yang lebih baik. Untuk mengatasi kurangnya dana dan waktu yang dimiliki sekolah maka kepala SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen menyesuaikan pelaksanaan supervisi pendidikan dengan dana dan waktu yang ada. Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat diajukan yaitu (1) kepala SMK hendakanya lebih meningkatakan aktivitas-aktivitas pembinaan dan pengembangan profesi secara rutin untuk guru dan kepala sekolah sendiri agar lebih peka terhadap perkembangan ilmu pengetahuan sehingga dapat menyusun perencanaan program supervisi pendidikan yang lebih baik yang dapat mengatasi dan mengurangi adanya kendala keuangan dan pengaturan waktu (2) Guru SMK diharapkan memiliki motivasi yang tinggi untuk meningkatkan wawasan dan keterampilannya serta mengisi kekurangan diri dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar kesempatan dan peluang untuk maju sehingga dapat menyampaikan pendapat mengenai supervisi pendidikan yang lebih baik dalam penyusunan program supervisi pendidikan yang dapat menciptakan situasi belajar mengajar yang kreatif dan tidak monoton (3) Dosen Jurusan Adminstrasi Pendidikan pun hendaknya dapat menyumbangkan program supervisi pendidikan yang lebih baik dan memberikan pelatihan baik bagi kepala sekolah maupun guru SMK agar bertambah pengetahuan wawasan serta motivasinya dalam menyusun dan melaksanakan penelitian lebih lanjut mengenai program supervisi pendidikan yang ditujukan untuk peningkatan kompetensi yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29130

Actions (login required)

View Item View Item