Pengaruh kompetensi pedagogik dalam meningkatkan hasil belajar ips siswa di smpn 1 kasreman / Aisyah Dewi Syukuri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kompetensi pedagogik dalam meningkatkan hasil belajar ips siswa di smpn 1 kasreman / Aisyah Dewi Syukuri

Syukuri, Aisyah Dewi Syukuri (2023) Pengaruh kompetensi pedagogik dalam meningkatkan hasil belajar ips siswa di smpn 1 kasreman / Aisyah Dewi Syukuri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Guru sebagai seorang pendidik harus menguasai kompetensi salah satunya ialah kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik berguna dalam memahami siswa dan mengelola pembelajaran mulai dari merencanakan melaksanakan serta mengevaluasi pembelajaran. Pentingnya kompetensi pedagogik guru IPS dalam mengelola pembelajaran mampu meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis pengaruh kompetensi pedagogik dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa di SMPN 1 Kasreman. Metode penelitian menggunakan desain kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Penentuan responden memakai teknik stratified random sampling. Instrumen penelitian yang dipakai adalah kuesioner online melalui google form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ha dapat diterima artinya kompetensi pedagogik guru berpengaruh positif dan signifikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Maknanya semakin tinggi kompetensi pedagogik maka semakin tinggi pula hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang terbatas pada hasil belajar aspek kognitif maka peneliti merekomendasikan kepada peneliti selanjutnya untuk mengkaji pengaruh kompetensi pedagogik terhadap hasil belajar aspek afektif dan psikomotorik siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Jun 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/291299

Actions (login required)

View Item View Item