Identifikasi akomodasi di kawasan strategis pariwisata nasional Danau Toba / Dinar Rosida Munthe</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi akomodasi di kawasan strategis pariwisata nasional Danau Toba / Dinar Rosida Munthe</p>

Munthe, Dinar Rosida (2023) Identifikasi akomodasi di kawasan strategis pariwisata nasional Danau Toba / Dinar Rosida Munthe</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Danau Toba (KSPN-DT) memiliki potensi spot view yang dapat dimanfaatkan sebagai pengembangan destinasi wisata yang berkualitas. Artikel ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis tingkat ketersediaan akomodasi di KSPN-DT. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif teknik survei dengan desain cross sectional. Data penelitian berupa lokasi dan jenis akomodasi pariwisata yang diperoleh dari hasil observasi dan survei di lapangan dengan bantuan aplikasi avenza maps. Lokasi penelitian dilakukan di Kecamatan Muara Kabupaten Tapanuli Utara. Penentuan lokasi ini dikarenakan kecamatan tersebut merupakan akses masuk terdekat menuju wilayah KSPN-DT yaitu melalui Bandara Silangit. Jumlah desa yang ditetapkan sebagai sampel ada empat yaitu 1) Desa Hutaginjang 2) Desa Dolok Martumbur 3) Desa Unte Mungkur dan 4) Desa Simatupang. Penentuan sampel penelitian hanya pada desa-desa tersebut karena menyokong kegiatan pariwisata KSPN-DT di Kecamatan Muara. Hasil penelitian menunjukkan akomodasi pariwisata di Kecamatan Muara didominasi dengan homestay yaitu 16 unit hotel 2 unit villa dan resort masing-masing 1 unit. Tingkat ketersediaan akomodasi pariwisata di KSPN-DT diklasifikasikan dalam hirarki wilayah. Desa Unte Mungkur merupakan desa dengan klasifikasi Hirarki 1 dengan kategori ldquo Memadai rdquo . Desa Hutaginjang merupakan desa dengan klasifikasi Hirarki 2 dengan kategori ldquo Cukup Memadai rdquo . Desa Dolok Martumbur dan Desa Simatupang merupakan desa dengan klasifikasi hirarki 3 dengan kategori ldquo Tidak Memadai rdquo . Hasil penelitian diinterpretasikan dalam bentuk peta tematik yang menggunakan analisis overlay. Implikasi hasil penelitian ini dapat digunakan oleh pemerintah daerah Kabupaten Tapanuli Utara menjadi dasar untuk menentukan pengembangan pariwisata berkelanjutan di KSPN-DT.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 May 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/291294

Actions (login required)

View Item View Item