Dukungan masyarakat lokal terhadap pengembangan pariwisata di Makam Sunan Giri Gresik / Mutiara Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Dukungan masyarakat lokal terhadap pengembangan pariwisata di Makam Sunan Giri Gresik / Mutiara Dewi

Dewi, Mutiara (2023) Dukungan masyarakat lokal terhadap pengembangan pariwisata di Makam Sunan Giri Gresik / Mutiara Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pariwisata berkelanjutan dipercaya sebagai sebuah pendekatan yang bijak dalam pengembangan pariwisata. Makam Sunan Giri merupakan objek wisata religi yang menggunakan prinsip wisata berkelanjutan. Dalam pelaksanaannya masyarakat sekitar Makam Sunan Giri terlibat secara langsung. Bagaimana bentuk dukungan masyarakat dalam mewujudkan pariwisata berkelanjutan adalah hal yang perlu diperhatikan. Hal tersebut membuat topik pariwisata berkelanjutan penting untuk diteliti. Didukung dengan konsep partisipasi masyarakat dan pariwisata berkelanjutan penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dukungan masyarakat terhadap pengembangan wisata religi makam Sunan Giri serta dampaknya terhadap implementasi wisata berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Data diperoleh dari wawancara dengan narasumber primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat sekitar makam Sunan Giri mendukung dan berpartisipasi aktif dalam pengembangan wisata religi makam Sunan Giri. Keterlibatan masyarakat dalam pengembangan pariwisata berdampak pada aspek ekonomi sosial dan budaya serta lingkungan secara berkelanjutan. Agar pengembangan pariwisata dapat berjalan dengan lancar dan berdasar pada prinsip pariwisata berkelanjutan dibutuhkan kerjasama yang baik antar stakeholder dalam pelaksanaan pengembangan pariwisata.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Apr 2023 04:29
Last Modified: 11 Aug 2023 02:27
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/291293

Actions (login required)

View Item View Item