Persepsi dan partisipasi masyarakat Kelurahan Kelutan dalam kegiatan Gebyar Kupatan / Darin Rihadatul 'Aisy - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi dan partisipasi masyarakat Kelurahan Kelutan dalam kegiatan Gebyar Kupatan / Darin Rihadatul 'Aisy

'aisy, Darin Rihadatul (2023) Persepsi dan partisipasi masyarakat Kelurahan Kelutan dalam kegiatan Gebyar Kupatan / Darin Rihadatul 'Aisy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kegiatan Gebyar Kupatan merupakan perayaan lebaran ketupat yang dilaksanakan di Kelurahan Kelutan. Kegiatan Gebyar Kupatan pada awalnya hanya menyamakan tradisi Kupatan dari Desa Durenan tetapi hal tersebut menjadi kurang menarik. Berdasarkan dari permasalahan tersebut maka fokus penelitian ini yaitu a) mendeskripsikan sejarah dan perkembangan kegiatan Gebyar Kupatan b) mendeskripsikan proses pelaksanaan kegiatan Gebyar Kupatan c) mendeskripsikan persepsi masyarakat Kelurahan Kelutan terhadap kegiatan Gebyar Kupatan dan d) mendeskripsikan partisipasi masyakarat Kelurahan Kelutan terhadap kegiatan Gebyar Kupatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Untuk mendapatkan data yang dibutuhkan menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer diperoleh melalui wawancara dengan informan yang sudah ditentukan menggunakan teknik purposive. Sumber data sekunder berupa surat kabar online arsip dokumen dari Kelurahan Kelutan dan dokumentasi pribadi maupun dokumentasi dari informan yang mengikuti kegiatan ini. Prosedur pengumpulan data yang dilakukan meliputi observasi di Kelurahan Kelutan wawancara dengan informan dan melakukan dokumentasi. Dalam analisis data digunakan analisis Miles dan Huberman yang memiliki empat bagian yaitu a) pengumpulan data b) reduksi data c) penyajian data dan d) penarikan kesimpulan. Tahap penelitian ini terdiri dari tahap pra-lapangan berupa menyusun proposal tahap pekerjaan lapangan berupa terjun langsung ke lapangan untuk melakukan wawancara dan tahap pasca lapangan berupa menganalisis data yang telah diperoleh. Hasil kajian yang diperoleh dilapangan pertama kegiatan Gebyar Kupatan adalah kegiatan rutin tahunan yang diadakan di Kelurahan Kelutan sebagai bentuk perayaan rasa syukur masyarakat Kelurahan Kelutan karena telah melaksanakan puasa Ramadan selama 30 hari dan puasa Syawal selama 7 hari. Kedua proses pelaksanaan kegiatan Gebyar Kupatan disempurnakan dari waktu ke waktu. Ketiga partisipasi masyarakat Kelurahan Kelutan dibagi menjadi dua bagian yaitu partisipasi aktif berupa keikutsertaan langsung dalam kegiatan ini dan partisipasi pasif berupa sumbangan sukarela baik berupa uang maupun barang. Keempat persepsi masyarakat Kelurahan Kelutan digunakan sebagai ajang silaturrahmi sedekah dan pembawa rezeki. Diharapkan penelitian ini dapat dijadikan sumber referensi pada penelitian selanjutnya untuk mengkaji makna kegiatan Gebyar Kupatan di Kelurahan Kelutan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2023 04:29
Last Modified: 26 Jul 2023 08:18
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/291292

Actions (login required)

View Item View Item