Makna simbolik Budaya Kirab Bersih Desa Gandusari Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar / Mohamad Amirudin</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Makna simbolik Budaya Kirab Bersih Desa Gandusari Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar / Mohamad Amirudin</p>

Amirudin, Mohamad (2022) Makna simbolik Budaya Kirab Bersih Desa Gandusari Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar / Mohamad Amirudin</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kirab bersih desa merupakan tradisi yang ada di Gandusari. Tujuan penelitian ini antara lain 1.) mengetahui latar belakang diadakannya kirab bersih desa 2.) menganalisis makna simbolik dari pelaksanaan kirab bersih desa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil dari penelitian menemukan latar belakang diadakannya kirab bersih desa untuk mengungkapkan rasa syukur masyarakat. Pertama latar belakang pelaksanaan kirab bersih desa merupakan bentuk terima kasih atas hasil panen yang banyak dan juga atas diberikannya anugerah hewan ternak yang sehat. Kedua makna simbolik dari pelaksanaan kirab bersih desa. Pertama adalah pernak pernik kirab bersih desa yang berupa penabur bunga pembuka jalan pusaka yang berbentuk tabuh kentongan bunga tiga warna meliputi bunga mawar merah putih dan mawar biasa beserta dupa dilanjut ada ambeng buceng jejeg sekul suci ulam sari. Kedua pemilihan hari pelaksanaan kirab bersih desa diadakan setiap bulan Sura tepatnya hari Selasa Wage bulan Sura yang disesuaikan dengan hari jadi desa Gandusari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/291289

Actions (login required)

View Item View Item