Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh di SMPN 3 Simpang Hilir Kabupaten Kayong Utara / Ika Serimantika</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh di SMPN 3 Simpang Hilir Kabupaten Kayong Utara / Ika Serimantika</p>

Serimantika, Ika (2022) Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh di SMPN 3 Simpang Hilir Kabupaten Kayong Utara / Ika Serimantika</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Covid-19 mempengaruhi berbagai aspek kehidupan salah satunya pendidikan. Mendikbud mengeluarkan kebijakan pelaksanaan kegiatan belajar di rumah melalui daring atau jarak jauh. Tidak semua peserta didik dapat mengikuti pembelajaran daring karena terkendala akses internet yang sulit dan tidak memiliki gawai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran jarak jauh mendeskripsikan persepsi guru dan peserta didik dan menganalisis kendala yang dihadapi dalam melaksanakan PJJ. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian dilakukan di SMPN 3 Simpang Hilir Kabupaten Kayong Utara Kalimantan Barat. Hasil penelitian ini diketahui bahwa pelaksanaan PJJ di SMPN 3 Simpang Hilir dilakukan secara luring menggunakan modul. Sebelum melaksanakan PJJ guru membuat RPP sesuai kondisi pandemi membuat modul dan lembar kerja peserta didik serta penilaian yang dilakukan hanya menilai aspek pengetahuan. Persepsi guru tentang PJJ membuat motivasi belajar menurun dan materi tidak tersampaikan dengan baik. Persepsi peserta didik mengenai PJJ sulit memahami materi tugas sangat banyak dan semakin malas belajar. Kendala selama pelaksanaan PJJ antara lain guru kesulitan dalam menyampaikan materi guru kesulitan dalam membimbing peserta didik akses jalan yang masih sulit dari rumah peserta didik menuju sekolah keterbatasan fasilitas belajar dan rendahnya kemampuan penguasaan IPTEK yang dimiliki guru. Sedangkan kendala yang dihadapi peserta didik yaitu kesulitan memahami materi tugas yang diberikan sangat banyak dan menurunnya motivasi belajar peserta didik sehingga merasa bosan ketika belajar sendiri di rumah. Rekomendasi yang bisa diberikan pada peneliti selanjutnya yaitu dapat mengkaji strategi pembelajaran jarak jauh untuk daerah tertinggal yang tidak bisa melakukan PJJ daring.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/291287

Actions (login required)

View Item View Item