Pengembangan modul otomatisasi perkantoran dengan metode scientific pada materi pengoperasian website untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X APK SMK Tekstil Pandaan) / Maulidya Wahidayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul otomatisasi perkantoran dengan metode scientific pada materi pengoperasian website untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X APK SMK Tekstil Pandaan) / Maulidya Wahidayati

Wahidayati, Maulidya (2017) Pengembangan modul otomatisasi perkantoran dengan metode scientific pada materi pengoperasian website untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X APK SMK Tekstil Pandaan) / Maulidya Wahidayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wahidayati Maulidya. 2015. Pengembangan Modul OtomatisasiPerkantorandenganMetode Scientific ApprochpadaMateriPengoperasian Website untukMeningkatkanHasilBelajarSiswa (Studipadasiswa X APK di SMK TekstilPandaan).Skripsi JurusanManajemen FakultasEkonomi UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. MadziatulChuriyah S.pd. M.M (II) Drs. I NyomanSuputra M.si Kata kunci modul OtomatisasiPerkantoran Scientific Approach hasil belajar Salah satualternatifbahanajardalambentuktercetak yang dapatdigunakansecaraindividuolehsiswadalam proses belajaradalahmodul. Terbatasnyamoduldalam proses pembelajaranmenyebabkanhasilbelajarsiswakurangmaksimal. Gunamembantu proses pembelajaranpenelitimengembangkanbahanajarberupamodultercetakyaituModulOtomatisasiPerkantorandenganMetodeScientific ApproachpadamateriPengoperasianWebsite. Tujuan penelitian danpengembanganini adalah 1) Memperkaya bahan ajar siswa dengan menghasilkanmodulOtomatisasiPerkantoran yang sesuaidenganmetodeScientific Approachbagisiswakelas X AdministrasiPerkatoran di SMK TekstilPandaan.2) Untukmengetahuikelayakanmodul yang telahdikembangkanmelaluihasilvalidasi. 3) UntukmengetahuiefektivitasmodulOtomatisasiPerkantorandenganmetodeScientific ApproachpadamateriPengoperasianWebsite. Rancanganpenelitianpengembanganmodulinidiadaptasidari model 4-D melalui 4 tahappenelitian.Validasimoduldilakukanoleh 1 orang dosenjurusanmanajemen program studiadministrasiperkantoranUniversitasNegeri Malang sebagaiahlimodul 1 orang guru pengajarOtomatisasiPerkantoransebagaiahlimateridan 6 siswakelas X APK 1 SMK TekstilPandaansebagaicalonpenggunaproduk. Sajian dan analisis data pada penelitian ini dibedakan menjadi empat aspek yaitu (1) aspek kelayakan isi (2) aspek kelayakan penyajian (3) aspek kelayakan bahasa dan (4) aspek kelayakan kegrafikan. Berdasarkan penilaian pada ke 4 aspek tersebut diperoleh data bahwa modul ini termasuk kategori valid dengan persentase uji validasi 87%. Efektivitas produk diperoleh data bahwamoduliniefektifdigunakan ditinjaudariperbedaan rata-rata hasilbelajarkelaseksperimendankelaskontrolyaitu 75.0 dengan 67.7 melaluiuji t program SPSS. Selainitu selisihkenaikanrata-rata hasilbelajarsiswakelaseksperimendengankelaskontrolsebesar 7 2% yang menunjukkanbahwamodulinimemilikitingkatefektivitas yang tinggiberdasarkankriteriatingkatkeefektifanpenggunaanmodul.sehinggamoduldapatdikatakanefektifdigunakansebagaibahan ajar bagisiswasecaramandiri. Saran bagi pengembangan lebih lanjut guru mata pelajaran OtomatisasiPerkantoranuntuk memanfaatkan modul ini dalam proses belajar mengajar atau sebagai alternatif penunjang pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29128

Actions (login required)

View Item View Item