Kresnapati, Dhimas (2016) Pengaruh kecerdasan emosional dan kedisiplinan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran kelas XI di SMK Negeri 1 Pogalan Kabupaten Trenggalek / Dhimas Kresnapati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Kresnapati Dhimas. 2016. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran Kelas XI di SMK Negeri 1 Pogalan Kabupaten Trenggalek. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Agus Hermawan M.Si Grad Dip MGT. M. Bus. (II) Drs. Sarbini M.Pd. Kata Kunci kecerdasan emosional kedisiplinan hasil belajar Dalam kehidupannya manusia tidak pernah terlepas dari kegiatan belajar. Dalam keseluruhan proses pendidikan kegiatan belajar merupakan kegiatan pokok dan penting dimana hasil belajar merupakan gambaran hasil siswa dalam proses pembelajaran. Hasil belajar yang optimal dapat dipengaruhi oleh banyak faktor antara lain kecerdasan emosional dan kedisiplinan siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) deskripsi kecerdasan emosional dan kedisiplinan (2) deskripsi hasil belajar (3) pengaruh kecerdasan emosional dan kedisiplinan secara parsial terhadap hasil belajar siswa. (4) pengaruh kecerdasan emosional dan kedisiplinan secara simultan terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Variabel bebas dari penelitian ini adalah kecerdasan emosional (X1) kedisiplinan (X2) dengan variabel terikatnya adalah hasil belajar (Y). Populasi penelitian adalah siswa kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Pogalan berjumlah 109 siswa dengan sampel 78 siswa. Teknik sampling menggunakan teknik proportional random sampling. Skala yang digunakan adalah skala Likert dengan rentang 5 alternatif jawaban. Sedangkan hasil belajar diklasifikasikan menjadi sangat rendah (90). Sumber data diperoleh dari data primer yang berasal dari responden dan data sekunder diperoleh dari rata-rata nilai pengetahuan dan keterampilan siswa pada rapor semester ganjil lalu hasilnya dibulatkan ke atas. Teknik pengumpulan data menggunakan (1) metode kuesioner dan (2) metode dokumentasi. Uji kelayakan instrumen dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Penelitian ini menggunakan tiga model uji asumsi klasik yaitu (1) uji normalitas dengan melihat grafik P-P Plot of Regression Standardized Residual (2) uji multikolinearitas yang dapat dilihat dari nilai Tolerance dan VIF (Variance Inflation Factor) pada model regresi (3) uji heteroskedastisitas dengan melihat grafik scatterplot. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa (1) model regresi memenuhi asumsi normalitas terlihat dari titik-titik menyebar disekitar garis diagonal grafik P-P Plot of Regression Standardized Residual (2) model regresi tidak terjadi heteroskedastisitas terlihat pada grafik scatterplot tidak membentuk suatu pola dan menyebar acak di sekitar angka 0 pada sumbu Y (3) model regresi tidak terjadi gejala multikolinearitas memiliki nilai VIF 10 dan angka Tolerance 0 1. Jadi model regresi layak untuk digunakan. Hasil analisis deskriptifmenunjukkan bahwa (1) kecerdasan emosional diklasifikasikan baik (2) kedisiplinan diklasifikasikan baik (3) hasil belajar siswa dapat diklasifikasikan tinggi. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa (1) tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa (2) tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kedisiplinan terhadap hasil belajar siswa (3) tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan kedisiplinan secara simultan terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) hasil analisis data deskriptif diketahui kecerdasan emosional dalam deskripsi baik kedisiplinan siswa juga dalam kategori baik (2) perhitungan uji t diketahui tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kedisiplinan terhadap hasil belajar (3) perhitungan uji F dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan kedisiplinan secara bersama-sama terhadap hasil belajar. Rasional ditolaknya hipotesis (1) penyebaran angket pada responden kelas XI APK 1 dan APK 2 dilakukan tanpa didampingi guru mata pelajaran sehingga suasana tidak kondusif (2) banyak siswa yang harus dipanggil terlebih dahulu pada saat penyebaran angket dikarenakan siswa mengikuti latihan untuk persiapan lomba antar sekolah yang akan diikuti sehingga siswa tersebut kurang serius dalam mengisi angket dikarenakan tergesa-gesa untuk segera mengikuti latihan kembali. Hasil dari nilai R Square sebesar 0 7% artinya dapat diketahui hasil belajar siswa dipengaruhi oleh variabel kecerdasan emosional dan kedisiplinan. Sedangkan sebesar 99 3% dipengaruhi oleh variabel lain. Peneliti menyarankan (1) bagi SMK Negeri 1 Pogalan melalui kepala sekolah yaitu berperan serta dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa (2) bagi orang tua peneliti menyarankan kepada orang tua untuk mempertahankan bahkan meningkatkan kedisiplinan anak (3) bagi guru SMK Negeri 1 Pogalan saran dari peneliti agar lebih berbaur dengan siswa supaya mengetahui masalah yang sering dialami siswa (4) bagi forum wali murid dan wali kelas yaitu mengajak siswa berperan serta dalam kegiatan sosial yang bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan dan pengalaman (5) bagi peneliti selanjutnya yang tertarik untuk melanjutkan penelitian ini sebaiknya perlu dilakukan penelitian lebih lanjut tentang variabel lain yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa selain dari kecerdasan emosional dan kedisiplinan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Dec 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/29126 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |