Pengembangan bahan pembelajaran berbasis e-learning dengan menggunakan web moodle pada mata pelajaran IPS (standar kompetensi ekonomi) di SMP Negeri 3 Trenggalek / Dio Shara - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan pembelajaran berbasis e-learning dengan menggunakan web moodle pada mata pelajaran IPS (standar kompetensi ekonomi) di SMP Negeri 3 Trenggalek / Dio Shara

Shara, Dio (2016) Pengembangan bahan pembelajaran berbasis e-learning dengan menggunakan web moodle pada mata pelajaran IPS (standar kompetensi ekonomi) di SMP Negeri 3 Trenggalek / Dio Shara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Shara Dio. 2016. Pengembangan Bahan Pembelajaran Berbasis E-Learning Dengan Menggunakan Web Moodle Pada Mata Pelajaran IPS (Standar Kompetensi Ekonomi) Di SMP Negeri 3 Trenggalek. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Agus Hermawan M.Si GradDipMGT. M.Bus. (II) Drs. Sarbini M.Pd. Kata Kunci Media Pembelajaran Web Moodle Hasil Belajar Siswa Ekonomi Media pembelajaran merupakan alat bantu yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Di SMP Negeri 3 Trenggalek proses pembelajaran cenderung menggunakan LKS buku dan Power Point sebagai media. Sekolah belum memiliki media pembelajara e-learning dengan menggunaka web moodle pada mata pelajara IPS (standar kompetensi ekonomi) dalam kegiatan pembelajaran sehingga dibutuhkan media tambahan untuk kegiatan pembelajaran. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran e-learning dengan menggunakan web moodle untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dengan menggunakan media pada mata pelajaran IPS (standar kompetensi ekonomi). Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Research and Development (R D) dimana prosedur penelitian diadaptasi dari teori Borg and Gall yaitu (1) Identifikasi masalah dan kebutuhan (2) Perencanaan (3) Pengembangan draf produk (4) Uji coba tahap awal (5) Revisi hasil uji coba (6) Uji coba kelompok kecil (7) Revisi (8) Uji coba lapangan. Instrumen yang digunakan berupa angket observasi dan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah ahli materi ahli media dan 34 siswa. Hasil penilaian dari uji ahli menunjukkan bahwa media yang dikembangkan memenuhi kriteria kegunaan kemudahan ketepatan dan kemenarikan. Berdasarkan analisis angket ahli media ahli materi dan kelompok kecil diperoleh hasil sangat berguna sangat tepat sangat mudah dan sangat menarik namun ada beberapa hal yang perlu direvisi lagi. Penilaian hasil belajar dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas terhadap nilai pretest dan posttest dari kelas kontrol dan kelas eksperimen menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa terdistribusi normal. Uji anova rata-rata nilai pretest kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh nilai signifikansi 0.515. Dari hasil tersebut diketahui bahwa kelas control dan kelas eksperimen memiliki kemampuan kognitif yang sama. Pada uji anova rata-rata nilai posttest kelas kontrol dan eksperimen diperoleh nilai signifikansi 0.000. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Terbukti dengan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen (91 14706) lebih tinggi dari kelas kontrol (84 9697).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Dec 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29125

Actions (login required)

View Item View Item