Pengembangan media pembelajaran e-learning menggunakan moodle untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar melakukan prosedur pengadaan peralatan kantor (studi pada siswa kelas XI AP di SMKN 2 Blitar tahun pelajaran 2015/2016) / Indah Amalia

Amalia, Indah (2016) Pengembangan media pembelajaran e-learning menggunakan moodle untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar melakukan prosedur pengadaan peralatan kantor (studi pada siswa kelas XI AP di SMKN 2 Blitar tahun pelajaran 2015/2016) / Indah Amalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Amalia, Indah. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran E-learning Menggunakan Moodle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Dasar Melakukan Prosedur Pengadaan Peralatan Kantor (Studi pada Siswa Kelas XI AP di SMKN 2 Blitar). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Wening Patmi Rahayu, S.Pd., M.M, (2) Drs. H. Moh. Arief, M.Si. Kata Kunci: e-learning, media pembelajaran, hasil belajar Perkembangan pesat di bidang teknologi khususnya Teknologi Informasi dan Komunikasi telah membawa perubahan yang signifikan dalam berbagai bidang, termasuk pula dalam bidang pendidikan. Dalam hal ini perlu adanya upaya untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan, salah satunya adalah dengan cara melakukan pengembangan media pembelajaran. penggunaan media pembelajaran dapat membuat hasil belajar siswa meningkat baik di luar maupun di dalam karena siswa dapat belajar secara mandiri untuk memahami materi sesuai dengan tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran media pembelajaran e-learning menggunakan moodle untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran. Media pembelajaran e-learning adalah alat bantu pembelajaran yang mengacu pada semua kegiatan-kegiatan pendidikan melalui internet. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model penelitian dan pengembangan Borg & Gall dengan modifikasi yang disesuaikan dengan kebutuhan menjadi tujuh tahapan. Sumber data diperoleh dari pengisian angket validasi ahli dan hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini terdiri dari dua kelas administrasi perkantoran yaitu XI AP 3 dan XI AP 4. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif yaitu teknik analisis dan persentase. Bedasarkan hasil validasi dua ahli materi mencapai 84% yang menyatakan media pembelajaran valid/dapat digunakan. Untuk hasil validasi ahli media mencapai 84% yang menyatakan valid/dapat digunakan. Hasil uji coba dilakukan pada dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk mengetahui hasil belajar siswa didapatkan rata-rata 86 pada kelas eksperimen dan 77 pada kelas kontrol. Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol, peneliti menggunakan ujit-test independent sample dengan signifikansi sebesar 0,00 < 0,05 dengan t hitung 3,150 > t tabel 2,000 maka H0 ditolak, dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kesimpulan dari penelitian pengembangan ini adalah (1) menghasilkan produk media pembelajaran e-learning menggunakan Moodle berupa website untuk materi Mata Pelajaran Peralatan Kantor pada Kompetensi Dasar Melakukan Prosedur Pengadaan Peralatan Kantor (2)adanya perbedaan rata-rata hasil belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan ujit-test independent sample dengan hasil nilai thitung> ttabel (3,150 > 2,000) dengan signifikasi Pr <&#61537; (0,00< 0,05) maka Ho ditolak, dan (3) i berdasarkan perbandingan nilai posttest tersebut, maka media e-learning menggunakan Moodleyang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen. Pemanfaatan bagi pengguna disarankan agar (1) sebelum menggunakan media pembelajaran e-learning secara mandiri, terlebih dahulu guru menjelaskan materi Peralatan Kantor, (2) pelajari buku petunjuk atau panduan penggunaan untuk memudahkan dalam menggunakan media pembelajaran e-learning,(3) jika menggunakan media pembelajaran e-learning hendaknya tidak lepas dari pantauan dan bimbingan dari guru dan sebaiknya guru sudah mempelajari media pembelajaran e-learning terlebih dahulu sebelum mengajarkan kepada siswa agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar, (4) Jika ingin menerapkan model pembelajaran e-learning secara virtual classroom maka diperlukan koneksi internet yang lancar serta diperlukan akun Moodle bagi masing-masing pengguna dan , (5) jika laboraturium multimedia tidak dapat digunakan/tidak tersedia, guru dapat menggunakan LCD proyektor dikelas dengan menggunakan jaringan internet dengan bantuan modem. Adapun saran diseminasi media pembelajaran e-learning menggunakan Moodle yaitu guru dan siswa program keahlian Administrasi Perkantoran khususnya yang sedang menempuh materi Mengelola Peralatan Kantor, untuk menggunakan media pembelajaran e-learning menggunakan Moodle dalam kegiatan pembelajaran sebagai sumber belajar lainnya yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran di sekolah dan menyebarluaskan kepada guru dan siswa lain, agar sumber belajar yang digunakan inovatif dan efektif berupa Web yang telah disediakan. Diseminasi juga dilakukan dengan bekerja sama dengan dinas pendidikan setempat melalui MGMP/MGMD tentang media pembelajaran sehingga dapat digunakan oleh seluruh SMK program keahlian Administrasi Perkantoran di Indonesia. Saran pengembangan lebih lanjut untuk peneliti yang mengembangkan produk media pembelajaran e-learning selanjutnya yaitu (1) dapat merancang media pembelajaran e-learning dengan standar kompetensi/materi pelajaran lainnya, (2) dapat merancang media pembelajaran dengan konten warna, animasi yang lebih baik lagi sehingga media pembelajaran lebih interaktif dapat lebih menarik siswa dalam mempelajarinya dan (3) dapat merancang media pembelajaran e-learning yang memiliki fasilitas video call sehingga guru dan siswa dapat bertatap muka secara online.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Dec 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29124

Actions (login required)

View Item View Item