Khasanah, Alfiatul (2016) Pengembangan modul memahami prinsip-prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa Administrasi Perkantoran kelas X di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang) / Alfiatul Khasa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Khasanah A. 2016.Pengembangan Modul Memahami Prinsip-Prinsip Penyelenggaraan Administrasi Perkantoran dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Siswa Administrasi Perkantoran Kelas X di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang). Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Moh. Arief M.Si. (2) Drs. H. Gatot Isnani M.Si. Kata Kunci pendekatan kontekstual modul pembelajaran hasil belajar. Kegiatan belajar mengajar sekarang ini lebih mengutamakan partisipasi siswa daripada guru.Besarnya partisipasi siswa dalam pembelajaran diharapkan mampu membantu siswa dalam menemukan dan mengembangkan baik informasi maupun masalah yang dihadapi dalam setiap pembelajaran.Tidak hanya itu besarnya partisipasi juga diharapkan agar siswa dapat menerapkannya dalam dunia nyata.Oleh karena itu pembelajaran yang dilakukan lebih menekankan pada pemahaman daripada konsep yang berupa hafalan.Pemahaman dapat dengan mudah jika dilakukan berulang-ulang dan dikaitkan dengan dunia nyata.Tentunya pengulangan tersebut dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan hal-hal yang telah dipelajari dan memperoleh hasil yang maksimal.Melalui modul pembelajaran yang dikembangkan diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Administrasi Perkantoran. Pengembangan modul pembelajaran ini bertujuan untuk (1) menghasilkan modul dengan pendekatankontekstual dengan kompetensi dasar Mendeskripsikan Fungsi Pekerjaan Kantor dalam Organisasi dan Mengidentifikasi Pekerjaan Kantor (2) mengetahui kelayakan modul yang telah dibuat melalui proses uji validasi (3) mengetahui tingkat efektivitas melalui perbandingan hasil belajar siswa dengan menggunakan modul Memahami Prinsip-Prinsip Penyelenggaraan Administrasi Perkantoran dengan siswa yang tidak menggunakan modul. Prosedur penelitian dan pengembangan pada penelitian ini memodifikasi model penelitian dan pengembangan Borg Gall yang terdiri dari beberapa tahap yaitu (1) penelitian dan pengumpulan data (2) perencanaan (3) pengembangan draf produk (4) uji coba lapangan awal (5) revisi hasil uji coba (6) uji coba lapangan dan (7) penyempurnaan produk akhir. Validasi modul pembelajaran dilakukan oleh 2 ahli modul 2 ahli materi dan siswa.Untuk mengetahui efektivitas modul diterapkan di kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan Posttest Only Control Design.Subjek coba pada penelitian dan pengembangan ini adalah siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen di mana siswa kelas X APK 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X APK 2 sebagai kelas kontrol.Soal posttest diuji cobakan untuk mengetahui soal yang baik untuk digunakan soal posttestranah kognitif.Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data berupa angket atau kuesioner terbuka dan tertutup.Skala pengukuran yang digunakan adalah skala Likert dengan 5 alternatif jawaban yaitu sangat setuju setuju cukup setuju tidak setuju dan sangat tidak setuju.Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah data kuantitatif kualitatif.Data kualitatif berupa analisis tanggapan kritik dan saran dari hasil validasi ahli modul ahli materi dan siswa sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil validasi taraf kesukaran daya pembeda dan hasil belajar kelas ekperimen dan kelas kontrol.Pada analisis hasil belajar menggunakan uji F dan uji t dengan bantuan software IBM SPSS Statistics 21. Pada uji coba soal didapat 20 soal yang memenuhi kriteria taraf kesukaran dan daya pembeda untuk digunakan soal posttest ranah kognitif.Hasil validasi ahli materi adalah 82 63% yang menyatakan modul pembelajaran sangat valid dan dapat digunakan tanpa perbaikan hasil validasi ahli modul 89 23% yang menyatakan modul pembelajaran sangat valid dan dapat digunakan tanpa perbaikan dan validasi siswa 88 5% yang menyatakan modul pembelajaran sangat valid dan dapat digunakan tanpa perbaikan. Berdasarkan independent samples t-test pada output pertama rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol rata-rata nilai eksperimen adalah 78 90 dan kelas kontrol 71 47. Pada output kedua menunjukkan bahwa nilai thitung lebih kecil daripada ttabelmaka Hoditerima artinya tidak ada perbedaan rata-rata hasil belajar yang signifikan antara kelas ekperimen dengan kelas kontrol. Berdasarkan output pertama dan kedua dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan tetapi tidak signifikan antara hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol keefektifan modul dalam peningkatan hasil belajar termasuk dalam kategori sangat rendah. Berdasarkan hasil penelitian penelitian dan pengembangan ini termasuk dalam kategori valid karena ada peningkatan hasil belajar meskipun tidak signifikan.Saran Pemanfaatan modul pembelajaran bagi guru (1) Pemanfaatan ModulMemahami Prinsip-Prinsip Penyelenggaraan dengan Pendekatan Kontekstual dapat didampingi bahan ajar lain yang relevan dengan materi (2) Guru melakukan dan membimbing siswa selama kegiatan belajar mengajar menggunakan modul dan (3) Guru dapat menambahkan contoh kasus tugas atau hal lain yang berkaitan dengan materi.Saran pemanfaatan bagi siswa (1) Siswa dapat meminta arahan atau bimbingan dari guru atau teman belajar (2) Mengerjakan evaluasi dan tugas baik secara kelompok maupun individu dan (3) Melakukan cek kemampuan sebelum melanjutkan ke kegiatan belajar selanjutnya. Berdasarkan kajian produk yang telah direvisi dapat disimpulkan sebagai berikut (1) hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah Modul Memahami Prinsip-Prinsip Penyelenggaraan Administrasi Perkantoran dengan Pendekatan Kontekstual (2) hasil validasi modul dari ahli materi ahli modul dan siswa adalah sangat valid sangat efektif sangat tuntas dapat digunakan tanpa perbaikan (3) terdapat perbedaan antara rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol tetapi tidak signifikan keefektifan modul terhadap peningkatan hasil belajar termasuk dalam kategori rendah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Nov 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/29121 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |