Pengembangan media pembelajaran berbasis adobe flash untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran administrasi kepegawaian (syudi pada siswa kelas XI APK SMKN 1 Pasuruan) / Moh. Fasikhullisan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis adobe flash untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran administrasi kepegawaian (syudi pada siswa kelas XI APK SMKN 1 Pasuruan) / Moh. Fasikhullisan

Fasikhullisan, Moh. (2016) Pengembangan media pembelajaran berbasis adobe flash untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran administrasi kepegawaian (syudi pada siswa kelas XI APK SMKN 1 Pasuruan) / Moh. Fasikhullisan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fasikhullisan Moh. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Administrasi Kepegawaian (Studi Pada siswa Kelas XI APK SMKN 1 Pasuruan). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Wening Patmi Rahayu S.pd M.M. (2) Drs. H. Moh. Arief M.Si. Kata kunci Media pembelajaran Adobe Flash Hasil Belajar Media pembelajaran merupakan alat bantu yang dapat digunakan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar baik oleh guru maupun siswa. Perkembangan Teknologi dan informasi yang semakin berkembang diharapkan dapat dimanfatkan untuk menciptakan media pembelajaran yang inovatif sehingga dapat mendorong minat dan motivasi siswa dalam belajar. Melalui pengembangan media pembelajaran berbasis Adobe Flash ini diharapkan mampu menarik minat siswa dalam belajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Menghasilkan media pembelajaran berbasis Adobe Flash yang valid pada mata pelajaran Administrasi Kepegawaian kelas XI Program keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Pasuruan (2) Meningkatkan Hasil belajar siswa kelas XI Program keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Pasuruan dengan pengunaan media pembelajaran berbasis Adobe Flash pada mata pelajaran Administrasi Kepegawaian. Pengembangan media pembelajaran berbasis Adobe Flash ini dilakukan dengan mengunakan metode penelitian dan pengembangan Borg Gall dalam Punaji yang telah dimodifikasi dengan disesuaikan berdasarkan kebutuan penelitian. Berikut langkah-langkah yang dihasilkan (1) penelitian dan pengumpulan informasi awal (2) desain produk (3) validasi produk (4) revisi produk (5) uji coba lapangan (6) revisi produk (7) produk akhir. Validasi media dilakukan oleh 2 ahli materi dan 2 ahli media. Uji coba lapangan dalam penelitian ini mengunakan siswa kelas XI APK di SMKN 1 Pasuruan. Hasil analisis validasi ahli materi menunjukan sebesar 96 87 dari ahli materi I dengan kriteria sangat valid dan sebesar 76 56 % dari ahli materi II dengan kriteria valid sedangkan ahli media menunjukan sebesar 82 35% dari ahli media I dan sebesar 91 18% dari ahli media II kedua ahli media menyatakan bahwa media pembelajaran berbasis Adobe Flash sangat valid dan rata-rata hasil validasi dari para ahli diperoleh sebesar 86 74% yang artinya media sangat valid dan dapat digunakan. Hasil rata-rata nilai uji Posttest untuk kelas eksperimen sebesar sebesar 94 14 sedangkan rata-rata hasi belajar siswa kelas kontrol sebesar 70 artinya adanya perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil validasi para ahli dan uji coba di lapangan dapat ditarik kesimpulan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis Adobe Flash mampu meningkatkan hasil belajar. Saran bagi pengembangan selanjutnya agar dapat mengembangan media pembelajaran pada mata pelajaran Administrasi Kepegawaian dengan kompetensi dasar yang lain

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Nov 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29120

Actions (login required)

View Item View Item