Pengembangan bahan ajar melalui media blog untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Kearsipan materi Komputerisasi Kearsipan (studi pada siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK PGRI Turen) / Wahyu Satya Kusuma - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar melalui media blog untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Kearsipan materi Komputerisasi Kearsipan (studi pada siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK PGRI Turen) / Wahyu Satya Kusuma

Kusuma, Wahyu Satya (2016) Pengembangan bahan ajar melalui media blog untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Kearsipan materi Komputerisasi Kearsipan (studi pada siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK PGRI Turen) / Wahyu Satya Kusuma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kusuma Wahyu Satya. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Melalui Media Blog Untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Kearsipan Materi Komputerisasi Kearsipan (Studi pada Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK PGRI Turen). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mohammad Hari M.Si (II) Drs. Djoko Dwi Kusumajanto M.Si Kata kunci pengembangan bahan ajar media blog hasil belajar komputerisasi kearsipan Penelitian pengembangan ini didasari oleh terbatasnya bahan ajar Mata Pelajaran Kearsipan. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa bahan ajar Kearsipan masih terbatas serta sumber yang digunakan dalam pembelajaran masih belum lengkap keaktifan siswa dalam proses pembelajaran juga masih rendah. Pembelajaran Kearsipan dengan menggunakan bahan ajar melalui media blog ini diharapkan dapat membuat siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran berfikir kritis serta dapat memecahkan suatu permasalahan. Tujuan penelitian ini adalah 1) menghasilkan bahan ajar untuk Materi Komputerisasi Kearsipan dengan menggunakan media internet yang dikemas kedalam blog 2) mengetahui kelayakan bahan ajar yang telah dikembangkan melalui hasil validasi. 3) mengetahui perkembangan rata-rata hasil belajar siswa. Rancangan penelitian ini diadaptasi dari model penelitian dan pengembangan yang terdiri dari 10 tahap yaitu potensi dan masalah pengumpulan data desain produk validasi desain revisi desain uji coba produk revisi produk uji coba produk revisi produk produksi akhir. Validasi dilakukan oleh 2 orang yang pertama dosen Jurusan Manajemen Program Studi Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Malang sebagai validator ahli media dan yang ke dua ahli materi guru Mata Pelajaran Kearsipan SMK PGRI Turen dan 36 siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK PGRI Turen sebagai subjek uji coba. Produk yang dikembangkan berupa bahan ajar melalui media blog yang telah divalidasi. Berdasarkan hasil validasi diperoleh data bahwa bahan ajar ini termasuk kategori layak digunakan dengan hasil persentase validasi ahli materi 85% validasi ahli media 90% dan respon siswa 90%. Berdasarkan hasil post test presentase nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan sebanyak 6%. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran menggunakan bahan ajar ini dapat meningkatkan hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan (1) Ketika menggunakan bahan ajar ini hendaknya komputer/laptop tersambung dengan jaringan internet yang cukup memadai sehingga kegiatan belajar dapat belajar dengan lancar dan memberikan petunjuk dalam menggunakan nya. (2) Untuk pengembang lebih lanjut bisa menambahkan bentuk aplikasi lain yang mendukung demi mengembangkan produk media pembelajaran yang lebih interaktif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Nov 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29119

Actions (login required)

View Item View Item