Penerapan model pembelajaran Prediction, Observation, and Explanation (POE) untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran simulasi digital kelas X APK SMKN 1 Pasuruan / Sri Permata Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Prediction, Observation, and Explanation (POE) untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran simulasi digital kelas X APK SMKN 1 Pasuruan / Sri Permata Dewi

Sri, Permata Dewi (2016) Penerapan model pembelajaran Prediction, Observation, and Explanation (POE) untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran simulasi digital kelas X APK SMKN 1 Pasuruan / Sri Permata Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dewi Sri Permata. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Prediction Observation And Explanation (POE) untuk Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X APK SMKN 1 Pasuruan. Skripsi Program Studi Pendidikan Adiministrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr Hj. Madziatul Churiyah S.Pd. M.M (II) Lohana Juariyah S.E. M.Si. Kata Kunci Model Pembelajaran Prediction Observation Explanation (POE) Kemandirian Belajar Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan pembelajaran di SMK Negeri 1 Pasuruan terutama pada pembelajaran Simulasi Digital. Berdasarkan kurikulum 2013 kegiatan belajar tidak lagi didominasi oleh guru tetapi lebih menempatkan siswa sebagai subjek didik. Pada kegiatan observasi yang dilakukan peneliti guru sering menggunakan metode ceramah sehingga siswa dinilai kurang aktif siswa mengalami kesulitan dengan adanya kurikulum 2013 karena siswa lebih dituntut untuk aktif kreatif dan inovatif sehingga guru cenderung mendominasi kegiatan pembelajaran. Pada saat pembelajaran siswa kurang antusias mengajukan pertanyaan jarang memperhatikan penjelasan guru masih bergantung dengan teman sejawatnya dan keraguan dalam melakukan praktik. Hal ini mempengaruhi kemandirian belajar dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu peneliti berupaya melakukan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Prediction Observation Explanation (POE) dimana siswa dilibatkan langsung sehingga kemandirian belajar siswa akan nampak pada saat kegiatan praktik Simulasi Digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran POE di SMKN 1 Pasuruan dimana model pembelajaran POE dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran Simulasi Digital serta hasil belajar siswa yang terdiri dari aspek kognitif afektif dan psikomotorik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes tertulis (post test) yang dilaksanakan di akhir siklus nilai dari guru pedoman wawancara lembar observasi lembar angket catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini diketahui bahwa (1) Penerapan pembelajaran POE dapat diterapkan pada kelas X APK Mata Pelajaran Simulasi Digital di SMK Negeri 1 Pasuruan (2) Pembelajaran dengan pendekatan POE pada Mata Pelajaran Simulasi Digital dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa yang terdiri dari aspek pengelolaan belajar tanggung jawab pemanfaatan berbagai sumber belajar dan pandai mengelola diri. Dari keempat aspek kemandirian tersebut aspek pengelolaan belajar termasuk dalam kategori rendah karena pemanfaatan waktu belajar yang dilakukan siswa masih kurang sedangkan aspek tanggung jawab pemanfaatan berbagai sumber belajar dan pandai mengelola diri termasuk dalam kategori tinggi . (3) Pembelajaran POE pada Mata Pelajaran Simulasi Digital dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan perolehan nilai hasil belajar aspek kognitif aspek afektif dan aspek psikomotorik. Dari ketiga aspek hasil belajar tersebut aspek hasil belajar yang mengalami peningkatan secara signifikan yaitu aspek afektif dan aspek psikomotorik karena penerapan model pembelajaran POE sangat cocok digunakan pada kegiatan praktik. Pada aspek psikomotorik siswa dapat melakukan kegiatan prediksi yaitu siswa menggali pengetahuan awalnya terkait permasalahan yang diberikan serta mencatat hasil prediksi kemudian kegiatan observasi siswa melakukan praktik simulasi digital dengan melakukan pengamatan dan menganalisis hasil pengamatan dan kegiatan menjelaskan dilakukan siswa dengan mempresentasikan hasil dari prediksi dan pengamatan. Aspek afektif terdapat indikator disiplin jujur tanggung jawab kreatif percaya diri dan keseriusan. Dilihat dari keenam indikator tersebut indikator yang mengalami peningkatan secara signifikan yaitu disiplin dan tanggung jawab. Pada aspek kognitif siklus I nilai UTS (nilai guru) sebesar 71 51 dan meningkat menjadi 75 71 pada rata-rata nilai post test siklus I sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 85 72. Dengan demikian penerapan model pembelajaran POE dapat meningkatkan kemandirian belajar dan hasil belajar siswa terutama pada aspek psikomotorik dan aspek afektif pada mata pelajaran Simulasi Digital. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan (1) Bagi Guru Mata Pelajaran Simulasi Digital pembelajaran POE dapat digunakan sebagai salah satu pilihan model pembelajaran untuk melatih kemandirian siswa dalam belajar memberi pengarahan kepada siswa untuk lebih aktif dan mampu menggali pengetahuannya sendiri (2) Bagi siswa siswa diharapkan untuk tidak bergantung terus menerus pada peran guru serta lebih aktif mengemukakan pendapat (3) Bagi peneliti lain disarankan untuk melakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran POE yang lebih kreatif dan inovatif baik dalam PTK pengembangan media dan pengembangan modul.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29117

Actions (login required)

View Item View Item