Penerapan model pembelajaran two stay two stray sebagai upaya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran administrasi dan keprotokolan (studi pada kelas XI Administrasi Perkantoran SMK PGRI 6 Malang) / Anggi Purba Astin - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran two stay two stray sebagai upaya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran administrasi dan keprotokolan (studi pada kelas XI Administrasi Perkantoran SMK PGRI 6 Malang) / Anggi Purba Astin

Astin, Anggi Purba (2016) Penerapan model pembelajaran two stay two stray sebagai upaya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran administrasi dan keprotokolan (studi pada kelas XI Administrasi Perkantoran SMK PGRI 6 Malang) / Anggi Purba Astin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Astin A.P. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Sebagai Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Administrasi Humas dan Keprotokolan (Studi Pada Kelas XI Administrasi Perkantoran SMK PGRI 6 Malang). Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Wasiti S.Sos. M.Si (II) Dr. Wening Patmi Rahayu M.Si. Kata Kunci model pembelajaran Two Stay Two Stray keaktifan hasil belajar Berdasarkan observasi dan wawancara yang dilakukan di SMK PGRI 6 Malang terdapat beberapa guru menggunakan metode ceramah tanya jawab dan penugasan serta pengelolaan kondisi kelas yang tidak kondusif informasi lain yang diperoleh adalah siswa pasif dalam proses pembelajaran dan pembelajaran lebih didominasi oleh guru. Hal ini pula yang berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa banyak siswa yang tidak memahami materi yang telah disampaikan dan mereka lebih memilih untuk membicarakan hal diluar konteks materi yang sedang dipelajari. Melihat permasalahan ini peneliti ingin menciptakan suasana pembelajaran yang aktif serta kondusif yaitu dengan cara menerapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu (1) penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada mata pelajaran Administrasi Humas dan Keprotokolan (2) penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada mata pelajaran Administrasi Humas dan Keprotokolan dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dan (3) penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada mata pelajaran Administrasi Humas dan Keprotokolan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) subyek penelitian ini adalah kelas XI APK SMK PGRI 6 Malang yang terdiri dari 30 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu (1) perencanaan tindakan (2) pelaksanaan tindakan (3) pengamatan tindakan dan (4) refleksi tindakan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi wawancara tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan persentase keberhasilan tindakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada mata pelajaran Administrasi Humas dan Keprotokolan pada kelas XI Administrasi Perkantoran SMK PGRI 6 Malang dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Hal ini berdasarkan data yang diperoleh keaktifan siswa pada siklus I sebesar 80 34% meningkat menjadi 92 7% pada siklus II. Hasil belajar siswa rata-rata nilai pretest pada siklus I sebesar 73 7 dan mengalami peningkatan pada rata-rata nilai pretest siklus II sebesar 76 3 sedangkan rata-rata nilai posttest siswa siklus I sebesar 85 6 dan mengalami peningkatan pada rata-rata nilai posttest siklus II sebesar 91. Berdasarkan hasil penelitian ini terdapat beberapa saran sebagai berikut (1) bagi guru mata pelajaran Administrasi Humas dan Keprotokolan Kelas XI APK SMK PGRI 6 Malang sebaiknya memanfaatkan model pembelajaran kooperatif dan variatif yang sesuai dengan tujuan pembelajaran (2) bagi siswa Kelas XI APK SMK PGRI Malang hendaknya mempersiapkan diri terlebih dahulu sebelum melaksanakan proses pembelajaran di kelas agar mengerti dan memahami materi apa yang akan dipelajari. Siswa juga diharapkan agar terus berperan aktif dalam proses pembelajaran agar tercipta suasana pembelajaran yang menarik dan efektif (3) bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan kegiatan penelitian lebih lanjut dan maksimal untuk menerapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray yang disesuaikan dengan mata pelajaran yang akan diteliti sebagai salah satu bentuk upaya peningkatan kualitas pendidikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29116

Actions (login required)

View Item View Item