Pengembangan media pembelajaran autoplay media studio pada mata pelajaran menerapkan prinsip-prinsip kerjasama dengan kolega dan pelanggan untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen) / Annisah Pu - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran autoplay media studio pada mata pelajaran menerapkan prinsip-prinsip kerjasama dengan kolega dan pelanggan untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen) / Annisah Pu

Wardha, Annisah Purnama (2016) Pengembangan media pembelajaran autoplay media studio pada mata pelajaran menerapkan prinsip-prinsip kerjasama dengan kolega dan pelanggan untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen) / Annisah Pu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wardha Annisah Purnama. Pengembangan Media Pembelajaran Autoplay Media Studio pada Mata Pelajaran Menerapkan Prinsip-Prinsip Kerjasama dengan Kolega dan Pelanggan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen). Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Mohammad Arief M.Si (II) Dr. Hj Madziatul Churiyah S. Pd M.M Kata Kunci Media Pembelajaran Autoplay Media Studio Hasil Belajar Siswa Menerapkan Prinsip-Prinsip Kerjasama dengan Kolega dan Pelanggan. Keberhasilan suatu pendidikan tidak lepas dari peran guru dalam mengembangkan kemampuan mengajarnya. Guru dituntut untuk kreatif dalam mengajar namun diera globalisasi ini masih dijumpai sekolah yang menggunakan cara konvensional seperti dalam proses pembelejaran di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen pada mata pelajaran menerapkan prinsip-prinsip kerjasama dengan kolega dan pelanggan sehingga siswa merasa bosan. Berkaitan dengan masalah tersebut maka perlu dikembangkan media pembelajaran yang akan mempermudah siswa dalam belajar. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan media pembelajaran audio visual berbasis Autoplay Media Studio pada mata pelajaran Menerapkan Prinsip-Prinsip Kerjasama dengan Kolega dan Pelanggan kelas X APK di SMK Muhammdiyah 5 Kepanjen yang telah divalidasi ahli materi ahli media dan dilengkapi buku panduan pengoprasian. Sehingga mudah untuk digunakan oleh guru maupun siswa dan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas X APK di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen dalam mata pelajaran Menerapkan Prinsip-Prinsip Kerjasama dengan Kolega dan Pelanggan setelah menggunakan media pembelajaran Autoplay Media Studio. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Research and Development (R D) model penelitian Sugiyono melalui 10 langkah yaitu (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi produk (8) uji coba pemakai (9) revisi produk dan (10) produksi masal. Validasi dilakukan oleh dosen Jurusan Manajemen Universitas Negeri Malang. Validasi ahli materi dilakukan oleh guru mata pelajaran Menerapkan Prinsip-Prinsip Kerjasama dengan Kolega dan Pelanggan SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen dan 6 siswa kelas X APK 2 SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen sebagai uji coba kelompok terbatas atau kelompok kecil. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran Autoplay Media Studio valid untuk digunakan pada proses kegiatan belajar mengajar dengan materi menerapkan prinsip-prinsip kerjasama dengan kolega dan pelanggan. Kompetensi yang dikembangkan oleh peneliti dalam media ini adalah memelihara standar penampilan pribadi. Sajian dan analisis data pada penelitian ini dari ahli materi yaitu (1) Penyajian materi (2) Balikan dan (3) soal latihan sedangkan dari ahli media yaitu (1) penyajian data (2) penyajian materi (3) keinteraktifan dan (4) soal latihan. Berdasarkan penilaian dari validasi ahli dan uji coba kelompok kecil pada keempat aspek tersebut diperoleh hasil yang telah mencapai kriteria yang diinginkan yang berarti media termasuk kategori sangat valid dan layak digunakan. Berdasarkan hasil nilai rata-rata pre test dan post test terdapat perbandingan nilai dan mengalami kenaikan media dapat dikatan efektif. Pada penelitian ini diharapkan dapat memasukkan media yang lebih bervariasi dengan pembuka yang menarik dan menambah setting berupa tombol maximize minimize dan full screen yang dapat merubah ukuran tampilan media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29115

Actions (login required)

View Item View Item