Pengembangan modul menggunakan aplikasi presentasi untuk mengolah bahan informasi berbasis guided inquiry untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada siswa kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Cendika Bangsa Kepanjen) / Rofidah Ummmita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul menggunakan aplikasi presentasi untuk mengolah bahan informasi berbasis guided inquiry untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada siswa kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Cendika Bangsa Kepanjen) / Rofidah Ummmita

Ummamita, Rofidah (2016) Pengembangan modul menggunakan aplikasi presentasi untuk mengolah bahan informasi berbasis guided inquiry untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada siswa kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Cendika Bangsa Kepanjen) / Rofidah Ummmita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ummamita Rofidah. 2016. Pengembangan Modul Menggunakan Aplikasi Presentasi untuk Mengolah Bahan Informasi Berbasis Guided Inquiry untuk Meningkatkan Hasil Belajar (Studi pada Siswa Kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Cendika Bangsa Kepanjen). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Heny Kusdiyanti S.Pd M.M (II) Lohana Juariyah S.E M.Si. Kata Kunci modul guided inquiry menggunakan aplikasi presentasi hasil belajar. Penelitian ini didasari oleh terbatasnya ketersediaan bahan ajar yang berupa modul pada mata pelajaran Mengoperasikan Aplikasi Presentasi. Selain itu masih ditemukannya 5 nilai siswa pada batas KKM dan 5 nilai siswa di bawah KKM pada nilai ulangan harian 1 pada kegiatan pembelajaran Mengoperasikan Aplikasi Presentasi pada siswa kelas XI APK Reguler di SMK Cendika Bangsa. Salah satu metode pembelajaran yang dirasa mampu meningkatkan hasil belajar siswa yaitu metode guided inquiry karena metode ini dapat meningkatkan daya berpikir aktif kreatif dan inovatif siswa. Maka dari itu penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan bahan ajar berupa modul Mengoperasikan Aplikasi Presentasi yang sesuai dengan metode guided inquiry untuk siswa SMK Kelas XI program keahlian Administrasi Perkantoran (2) Mengetahui kelayakan modul yang telah dikembangkan melalui hasil validasi dan (3) Mengetahui apakah modul yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Mengoperasikan Aplikasi Presentasi. Model pengembangan modul yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4-D (define design develop desseminate). Produk yang dikembangkan berupa modul Mengoperasikan Aplikasi Presentasi dengan menggunakan metode guided inquiry. Kompetensi dasar yang dikembangkan oleh peneliti adalah KD 2.2 Menggunakan aplikasi presentasi untuk mengolah bahan informasi. Validasi modul dilakukan oleh ahli materi ahli modul dan user. Modul selanjutnya diuji cobakan kepada 30 orang siswa pada kelas eksperimen dan 16 orang siswa pada kelas kontrol. Berdasarkan penilaian dari validator ahli dan validator user pada keempat aspek (isi penyajian bahasa dan grafik) diperoleh nilai rata-rata untuk ahli materi sebesar 92 71% ahli modul sebesar 92 94% dan user sebesar 89 45% yang berarti modul pembelajaran yang telah dikembangkan oleh peneliti dinyatakan valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil belajar siswa diperoleh nilai 89 75 untuk kelas eksperimen dan 82 44 untuk kelas kontrol dengan selisih nilai rata-rata 7 31. Hal ini menunjukkan bahwa modul terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut saran yang dapat diberikan untuk penelitian dan pengembangan selanjutnya antara lain (1) perlu dikembangkan penelitian dan pengembangan modul pada kompetensi dasar mata pelajaran Mengoperasikan Aplikasi Presentasi yang lain (2) perlu diadakan penelitian modul yang telah dikembangkan lebih lengkap pada desain penelitian tindakan kelas (3) perlu dilakukan perbandingan dengan modul yang menggunakan metode pembelajaran lain untuk mengetahui metode mana yang lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar siswa (4) dalam membuat modul perlu memperhatikan kriteria modul (self instruction self contained self alone dan self test) agar modul yang dihasilkan mampu membantu siswa mencapai tujuan belajar dengan baik (5) bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk mengukur keefektifan modul ajar dari aspek penilaian yang lain yaitu afektif dan psikomotorik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29114

Actions (login required)

View Item View Item