Mursidah, Hajar Isna (2016) Pengaruh minat belajar dan fasilitas belajar terhadap hasil belajat ototisasi perkantoran pada siswa kelasa X Program Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Pasuruan / Hajar Isna Mursidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Mursidah Hajar Isna. 2016. Pengaruh Minat Belajar dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran Kelas X APK SMK Negeri 1 Pasuruan. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Wasiti S.Sos M.Si. (II) Dr. Heny Kusdiyanti S.Pd M.M. Kata Kunci minat belajar fasilitas belajar dan hasil belajar Keberhasilan siswa dalam proses belajar di sekolah dipengaruhi oleh berbagai faktor antara lain yaitu minat belajar dan fasilitas belajar. Minat belajar merupakan pendorong di dalam diri siswa untuk lebih bersemangat dan giat dalam proses pembelajaran sehingga siswa dapat mencapai hasil belajar yang optimal. Sedangkan fasilitas belajar yang memadai untuk kegiatan belajar akan memudahkan dan memperlancar jalannya proses belajar mengajar sehingga siswa memperoleh hasil belajar yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara minat belajar dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran kelas X program keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Pasuruan. Penelitian kuantitatif ini menggunakan populasi sebanyak 70 siswa dengan sampel sejumlah 60 siswa kelas X program keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Pasuruan dengan menggunakan teknik proportional random sampling analisis deskriptif uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda. Variabel dalam penelitian ini adalah Minat Belajar (X1) Fasilitas Belajar (X2) dan Hasil Belajar (Y). Teknik pengambilan data untuk variabel Minat Belajar adalah dengan menggunakan angket fasilitas Fasilitas Belajar menggunakan angket serta lembar observasi dan catatan lapangan dan Hasil Belajar diperoleh dari dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan Y 52 405 0 287X_1 0 437X_2. Uji F yang diperoleh F_hitung 11.820 sehingga H_3 diterima. Secara parsial (uji t) minat belajar (X1) diperoleh 12310 t 12311 _hitung 2.163 sehingga H_1 diterima. Variabel fasilitas belajar (X2) diperoleh 12310 t 12311 _hitung 2.449 sehingga H_2 diterima. Secara simultan (R 2) minat belajar dan fasilitas belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 0 268 yang dipersentasekan sebesar 26 8%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah (1) ada pengaruh yang signifikan secara parsial antara minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X program keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Pasuruan pada mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran (2) ada pengaruh yang signifikan secara parsial antara fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X program keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Pasuruan pada mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran (3) ada pengaruh yang signifikan secara simultan antara minat dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar Otomatisasi Perkantoran pada siswa kelas X di SMK Negeri 1 Pasuruan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Oct 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/29113 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |