Febrianti, Rizka (2016) Pengembangan media pembelajaran berbasis adobe flash profesional CS3 untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada kompetensi dasar mengidentifikasi fasilitas dan lingkungan kantor serta penataannya kelas X APK di SMK Negeri 01 Pasuruan) / Rizka Febrianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Febrianti Rizka. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Profesional CS3 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Kompetensi Dasar Mengidentifikasi Fasilitas dan Lingkungan Kantor serta Penataannya Kelas X APK di SMK Negeri 1 Pasuruan). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Wening Patmi Rahayu S.Pd. M.M (2) Drs. H.Mohammad Arief M.Si. Kata Kunci Media Pembelajaran Adobe Flash Profesional CS3 Hasil belajar siswa. Media Pembelajaran merupakan salah satu komponen yang mempunyai perannan penting dalam pembelajaran. Pemakaian media dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan minat dan keinginan serta motivasi belajar bagi siswa. Penggunaan media pembelajaran pada kegiatan pembelajaran pengantar administrasi perkantoran pada kelas X APK di SMK Negeri 1 Pasuruan kurang maksimal. Akibatnya suasana belajar menjadi monoton dan membosankan sehingga siswa cenderung pasif dan cepat jenuh dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah (1) menghasilkan media pembelajaran berbasis Adobe Flash Profesional CS3 yang tervalidasi (2) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian dan pengembangan dilakukan dengan menggunakan model pengembangan Research and Developmentadaptasi pengembangan milik Borg and Gall kemudian disesuaikan dengan keterbatasan waktu biaya dan tenaga serta keadaan lapangan menjadi sembilan tahapan.Sumber data diperoleh dari pengisian angket validasi ahli angket siswa dan hasil belajar siswa. Penelitian ini mengambil dua kelas sebagai subjek penelitian yaitu kelas X APK 1 sebagai kelas eksperimen dan X APK 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah masing-masing 35 siswa. Rancangan penelitian ini menggunakan PosstetsOnly Control Design untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Hasil validasi oleh ahli materi mencapai 90 17% yang menyatakan media pembelajaran sangat valid/dapat digunakan untuk hasil validasi oleh ahli media mencapai 85 71% yang menyatakan media pembelajaran sangat valid/dapat digunakan sedangkan untuk hasil angket dari siswa kelompok terbatas mencapai 92 34% yang menyatakan media pembelajaran menarik dan dapat digunakan. Hasil uji coba dilakukan pada dua kelas yaitu kelas X APK 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X APK 2 sebagai kelas kontrol untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil dari posttest siswa menunjukkan perbedaan dimana rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 84 42 dan 91 42 lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol yaitu 82 85 dan 86 71. Berdasarkan perbandingan nilai posstest tersebutmenunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis Adobe Flash Profesional CS3 pada kompetensi dasar mengidentifikasi fasilitas dan lingkungan kantor serta penataannya dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen. Saran pemanfaatan media pembelajaran ini yaitu (1) media pembelajaran ini dapat menjadi referensi baru bagi guru untuk mendukung kegiatan pembelajaran di kelas (2) penggunaan media pembelajaran ini hendaknya tidak lepas dari pantauan dan bimbingan guru agar tujuan pembelajaran dapar tercapai dan proses pembelajaran berjalan lancar (3) pemanfaatan media pembelajaran sebaiknya didampingi dengan buku penunjang yang sudah disediakan oleh guru atau sekolah karena materi yang terdapat dalam media hanya terbatas pada point-point penting saja. Saran pengembangan lebih lanjut pada penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis Adobe Flash Profesional CS3 adalah untuk menambahkan lebih banyak gambar dan video terkait materi agar lebih memperjelas materi yang ada dalam media pembelajarandan dapat meningkatkan hasil belajar secara maksimal. Selain itu peneliti diharapkan dapat menambahkan bentuk soal tidak hanya pilihan ganda tetapi soal esay.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Oct 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/29112 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |