Pengaruh minat menjadi guru dan lingkungan keluarga terhadap prestasi akademik mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran angkatan 2012/2013 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Fitriya Dwi Chayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh minat menjadi guru dan lingkungan keluarga terhadap prestasi akademik mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran angkatan 2012/2013 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Fitriya Dwi Chayanti

Chayanti, Fitriya Dwi (2016) Pengaruh minat menjadi guru dan lingkungan keluarga terhadap prestasi akademik mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran angkatan 2012/2013 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Fitriya Dwi Chayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Chayanti Fitriya Dwi. 2016. Pengaruh Minat Menjadi Guru dan Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Angkatan 2012/2013 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Heny Kusdiyanti S.Pd. M.M. (II) Dr. Ely Siswanto S.Sos. M.M. Kata Kunci Minat Minat Menjadi Guru Lingkungan Keluarga Prestasi Akademik Keberhasilan mahasiswa dalam belajar dapat dilihat dari prestasi akademik yang didapatkan. Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran merupakan salah satu prodi di Fakultas Ekonomi yang berorientasi ke depan menjadi seorang guru. Namun masih terdapat beberapa mahasiswa yang tidak memiliki minat menjadi guru sehinggamendapatkan prestasi yang cukup rendah. Hal ini dikhawatirkan dapat memberikan dampak buruk terhadap kualitas calon lulusan Universitas Negeri Malang. Selain itu faktor lingkungan keluarga juga akan mempengaruhi perkembangan perilaku dan pola pikir individu terutama dalam keberhasilan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) deskripsi minat menjadi guru lingkungan keluarga dan prestasi akademik (2) pengaruh minat menjadi guru terhadap prestasi akademik (3) pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi akademik (4) pengaruh minat menjadi guru dan lingkungan keluarga terhadap prestasi akademik. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif bersifat deskriptif korelasional menggunakan analisis regresi linier berganda.Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran angkatan 2012/2013 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang yang terdiri dari 150 mahasiswa dengan sampel yang digunakan sebanyak 109 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan teknikproportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa (1) variabel minat menjadi guru tergolong tinggi (2) variabel lingkungan keluarga tergolong baik (3) variabel prestasi akademik adalah sangat tinggi (4) variabel minat menjadi guru menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi akademik (5) variabel lingkungan keluarga menunjukkan tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi akademik (6) variabel minat menjadi guru dan lingkungan keluarga menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi akademik. Kesimpulan penelitian ini yakni terdapat pengaruh positif dan signifikan minat menjadi guru dan lingkungan keluarga terhadap prestasi akademik mahasiswa Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran angkatan 2012/2013 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Berdasarkan hasil penelitian peneliti menyarankan (1) bagi fakultas ekonomi diharapkan dapat menciptakan program-program baru guna semakin menumbuhkan dan meningkatkan minat menjadi guru mahasiswa (2) bagi mahasiswa diharapkan dapat terus mempertahankan minat menjadi gurunya dan selalu ingat akan peran kedua orang tua sehingga dapat memberikan pengaruh terhadap prestasi akademiknya (3) bagi orang tua diharapkan dapat meningkatkan perannya dalam hal membimbing dan mengarahkan mahasiswa (4) bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk memperhatikan variabel-variabel lain yang dapat mempengaruhi prestasi akademik mahasiswa dan menggunakan teknik analisis yang lain agar dapat mengetahui hasil yang lebih dalam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29109

Actions (login required)

View Item View Item