Pengembangan modul pengantar administrasi perkantoran berbasis inkuiri terbimbing pada materi mengelola data dan informasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas XI APK di SMK Negeri 1 Turen) / Vici Hapsariningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pengantar administrasi perkantoran berbasis inkuiri terbimbing pada materi mengelola data dan informasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas XI APK di SMK Negeri 1 Turen) / Vici Hapsariningrum

Hapsariningrum, Vici (2016) Pengembangan modul pengantar administrasi perkantoran berbasis inkuiri terbimbing pada materi mengelola data dan informasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas XI APK di SMK Negeri 1 Turen) / Vici Hapsariningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hapsariningrum Vici. 2016. Pengembangan Modul Pengantar Administrasi Perkantoran Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Mengelola Data dan Informasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi pada Siswa Kelas XI APK di SMK Negeri 1 Turen). Skripsi. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Wahyu Wibowo A.Md S.E. M.Si. (2) Drs. I Nyoman Suputra M. Si. Kata Kunci Modul Inkuiri Terbimbing Mengelola Data dan Informasi Hasil Belajar Penelitian pengembangan ini didasari oleh terbatasnya bahan ajar mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran. Bahan ajar Pengantar Administrasi Perkantoran yang mengembangkan kemampuan proses berpikir siswa belum dikembangkan sebelumnya. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa bahan ajar Pengantar Administrasi Perkantoran masih belum ada keaktifan dan hasil belajar siswa juga masih rendah. Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah belum adanya bahan ajar yang disusun secara sistematis komunikatif dan menarik bagi siswa. Pembelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran dengan menggunakan modul modul yang diintregrasikan dengan model inkuiri terbimbingdiharapkan dapat membuat siswa belajarmandiri sehingga siswa dapat menemukan sendiri pengetahuannya dan dapat membangun sikap aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah 1) menghasilkan modul Pengantar Administrasi Perkantoran sesuai dengan model inkuiri terbimbing pada materi mengelola data dan informasi untuk siswa SMK/MAK kelas XI program keahlian Administrasi Perkantoran semester genap. 2) mengetahui kelayakan modul yang telah dikembangkan melalui hasil validasi dan 3) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan bahan ajar modul Pengantar Administrasi Perkantoran berbasis inkuiry terbimbing dengan siswa yang tidak menggunakan bahan ajar modul Pengantar Administrasi Perkantoran berbasis Inkuiri Terbimbing. Rancangan penelitian ini diadaptasi dari model A 4-D oleh Thiagarajan S. Semmel D.S Semmel M.I. (dalam Trianto (2013)) melalui empat langkah penelitian yaitu mendefinisikan (Define) merancang (Design) mengembangkan (Develop) dan menyebarluaskan (Disseminate). Validasi modul dilakukan oleh 1 orang dosen jurusan Manajemen program studi Administrasi Perkantoran Universitas Negri Malang sebgai validator modul pembelajaran 1 orang guru mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran SMKN 1 Turen dan 1 orang dosen jurusan Manajemen program studi Administrasi Perkantoran sebagai validator ahli materi dan enam siswa kelas XI SMKN 1 Turen sebagai validator user. Produk yang dikembangkan berupa modul pembelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran pada materi Mengelola data dan Informasi dengan menggunakan model inkuiry terbimbing. Kompetensi dasar yang dikembangkan oleh peneliti dalam modul ini adalah Mengelola Data dan Informasi. Sajian dan analisis data pada penelitian ini dibedakan menjadi empat aspek yaitu (1) aspek kelayakan isi (2) aspek kelayakan penyajian (3) aspek kelayakan bahasa (4) aspek kelayakan kegrafikan. Berdasarkan penilaian pada keempat aspek tersebut diperoleh data bahwa modul ini termasuk kategori valid dengan hasil presentase rata-rata uji validasi 86 %. Pada efektivitas produk diperoleh data bahwa modul ini efektif digunakan ditinjau dari perbedaan rata-rata hasil belajar sebelum menggunakan modul dan setelah menggunakan modul yaitu 86 menjadi 89 9. Saran bagi pengembangan lebih lanjut guru mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran disarankan untuk memanfaatkan modul berbasis inkuiri terbimbing ini sebagai alternatif penunjang pembelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran pada materi Mengelola Data dan Informasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29108

Actions (login required)

View Item View Item