Pengembangan modul administrasi sarana dan prasarana berbasis guided inquiry pada kompetensi dasar menentukan administrasi perencanaan pengadaan dan permintaan sarana dan prasarana untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas XI Kompete - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul administrasi sarana dan prasarana berbasis guided inquiry pada kompetensi dasar menentukan administrasi perencanaan pengadaan dan permintaan sarana dan prasarana untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas XI Kompete

Hidayati, Shinta (2016) Pengembangan modul administrasi sarana dan prasarana berbasis guided inquiry pada kompetensi dasar menentukan administrasi perencanaan pengadaan dan permintaan sarana dan prasarana untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas XI Kompete. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hidayati Shinta. 2016. Pengembangan Modul Administrasi Sarana dan Prasarana Berbasis Guided Inquiry pada Kompetensi Dasar Menentukan Administrasi Perencanaan Pengadaan dan Permintaan Sarana dan Prasarana untuk Kemandirian dan Hasil Belajar Siswa (Studi pada Siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di SMKN 1 Sooko Mojokerto). Skripsi Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Heny Kusdiyanti S.Pd. M.M (II) Dr. Ely Siswanto S.Sos. M.M. Kata Kunci modul guided inquiry kemandirian belajar hasil belajar Penelitian dan pengembangan ini didasari oleh terbatasnya bahan ajar matapelajaran Administrasi Sarana dan Prasarana. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa bahan ajar Administrasi Sarana dan Prasarana masih belum ada. Penelitian pengembangan ini berupa bahan ajar modul yang diintegrasikan dengan model guided inquiry yang diharapkan dapat membuat siswa belajar secara mandiri. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) menghasilkan modul Administrasi Sarana dan Prasarana dengan model guided inquiry pada Kompetensi Dasar Menentukan Administrasi Perencanaan Pengadaan dan Permintaan Sarana dan Prasarana untuk siswa SMK/MAK kelas XI Administrasi Perkantoran 2) mengetahui kelayakan modul yang telah dikembangkan melalui hasil validasi 3) mengetahui perbedaan kemandirian dan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan siswa pada kelas kontrol. Penelitian dan pengembangan modul ini menggunakan model 4-D oleh Thiagarajan S. Semmel D.S. dan Semmel M.I (dalam Trianto 2014) yang terdiri dari empat tahap pengembangan yaitu mendefinisikan (define) merancang (design) mengembangkan (develop) dan menyebarluaskan (disseminate). Validasi modul dilakukan oleh ahli modul ahli materi dan uji coba terbatas. Hasil nilai rata-rata validasi ahli modul sebesar 94 75% ahli materi sebesar 89% dan siswa sebesar 86%. Hasil penilaian modul tersebut menunjukkan bahwa modul sangat valid dan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Uji coba kelompok besar dilakukan di kelas XI APK 1 sebagai kelas eksperimen dan XI APK 2 sebagai kelas kontrol. Hasil rata-rata skor angket kemandirian belajar siswa kelas eksperimen mencapai 78 88 sedangkan siswa kelas kontrol sebesar 70 89. Hasil belajar siswa selanjutnya diukur dengan menggunakan post test. Hasil post test menunjukkan nilai rata-rata pada kelompok eksperimen mencapai 86 85 sedangkan nilai rata-rata pada kelompok kontrol sebesar 72 57. Saran dari penelitian ini adalah siswa sebaiknya mempelajari materi modul sebelum melaksanakan pembelajaran dan guru sebaiknya mendalami materi yang terdapat dalam modul dengan baik. Penelitian dan pengembangan ini juga mengharapkan adanya pengembangan penelitian modul Administrasi Sarana dan Prasarana pada kompetensi dasar lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29106

Actions (login required)

View Item View Item