Purwati (2016) Pengembangan modul administrasi keuangan berbasis guided inquiry untuk meningkatkanhasil belajar siswa (studi pada siswa kelas XI APK di SMK Negeri 2 Tuban) / Purwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Purwati. 2016. Pengembangan Modul Administrasi Keuangan Berbasis Guided Inquiry untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Siswa Kelas XI APK di SMK Negeri 2 Tuban). Skripsi. Jurusan Manjemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Wasiti S.Sos. M.Si. (II) Drs. H. Mohammad Arief M.Si. Kata Kunci modul guided inquiry administrasi keuangan hasil belajar Penerapan Kurikulum 2013 pada SMK Negeri 2 Tuban membuat sekolah harus menyesuaikan bahan ajar sesuai kurikulum tersebut. Saat ini bahan ajar yang digunakan oleh guru masih berstandar KTSP sehingga belum ada variasi sumber belajar yang sesuai dengan kebutuhan. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menciptakan mengetahui kelayakan dan efektivitas penggunaan modul Administrasi Keuangan berbasis Guided Inquiry. Produk yang dihasilkan pada penelitian dan pengembangan ini adalah seluruh materi pada semester genap yang meliputi tiga kompetensi dasar. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model R D oleh Borg dan Gall yang tahapannya telah dimodifikasi sesuai kebutuhan penelitian yaitu 1) potensi dan masalah 2) pengumpulan data 3) pembuatan draft produk awal 4) uji ahli materi dan modul 5) revisi produk 6) uji kelompok kecil 7) penyempurnaan produk dan 8) uji kelompok besar. Subjek dari penelitian dan pengembangan ini antara lain ahli materi ahli modul siswa kelompok kecil dan siswa kelompok besar. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif untuk analisis kelayakan modul dan menganalisis tingkat efektivitas penggunaan modul dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan uji t untuk menganalisis peningkatan hasil belajar siswa. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah 1) modul yang dikembangkan adalah modul Administrasi Keuangan berbasis Guided Inquiry yang memuat semua materi di semester genap dan dilengkapi dengan modul pegangan guru 2) modul Administrasi Keuangan berbasis Guided Inquiry dinyatakan valid dan layak digunakan dengan persentase 83 66% 3) adanya peningkatan hasil belajar jika dilihat dari hasil uji t dimana t hitung di kelas kontrol sebesar -11 926 dan kelas eksperimen sebesar -8 978. Hal ini menunjukkan bahwa t hitung dimasing-masing kelas 8804 0 05 sehingga dinyatakan ada peningkatan hasil belajar yang signifikan. Sedangkan penggunaan modul di kelas eksperimen menunjukkan bahwa modul berefektivitas sedang dengan peningkatan hasil belajar 9 2%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Oct 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/29102 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |