Pengaruh lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X Bidang Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 2 Blitar / Elok Winda Ratnaningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X Bidang Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 2 Blitar / Elok Winda Ratnaningrum

Ratnaningrum, Elok Winda (2016) Pengaruh lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X Bidang Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 2 Blitar / Elok Winda Ratnaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ratnaningrum ElokWinda.Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Bidang Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 2 Blitar.Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Sutrisno M.M. (II)Drs.Sarbini. Kata Kunci Lingkungan Keluarga Motivasi Belajar Hasil Belajar Siswa. Pendidikan mempunyai peranan yang penting dalam mengembangkan potensi yang dimiliki manusia.Pendidikan pada hakekatnya adalah usaha sadar untuk mengembangkan kepribadian dan kemampuan di dalam maupun di luar sekolah sertaberlangsung seumur hidup.Penyelenggaraan pendidikan dilaksanakan melalui dua jalur yaitu jalur pendidikan formal dan jalur pendidikan non formal.Oleh karena itu pendidikan hendaknya dikelola dengan optimal agar memperoleh hasil yang maksimal. Pencapaian hasil belajar siswa dipengaruhi oleh banyak faktor. Lingkungan belajar dan motivasi belajar merupakanfaktor yang mempengaruhihasil belajar siswa. Lingkungan yang baik dan positif akan berpengaruh baik terhadap hasil belajar siswa. Begitu juga denganmotivasibelajar semakin tinggi dan positif motivasibelajar yang dimiliki siswa maka akan meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)Pengaruh lingkungankeluargaterhadap hasil belajar siswa kelas X bidang keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 2 Blitar. (2) Pengaruh motivasibelajarterhadap hasil belajar siswa kelas X bidang keahlian AdministrasiPerkantoran SMK Negeri 2 Blitar.(3)Pengaruh lingkungan keluarga dan motivasi belajarterhadap hasil belajar siswa kelas X bidang keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 2 Blitar. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis statistik deskriptif uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda. Variabel bebas dari penelitian ini adalah lingkungan keluarga (X1) dan motivasi belajar (X2) dengan variabel terikatnya adalah hasil belajar (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X bidang keahlianAdministrasi Perkantoran SMK Negeri 2 Blitartahun ajaran 2014/2015 sebanyak 121 siswa dengan sampel yang digunakan sebanyak 94 siswa. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah probability sampling dengan jenis proportional random sampling.Instrumen dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)Terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa kelas X bidang keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 2 Blitar (2)Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X bidang keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 2 Blitar (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadaphasilbelajarsiswa kelas X bidang keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 2 Blitar Berdasarkan uraian diatas peneliti menyarankan (1)siswa diharapkan terus meningkatkan motivasi belajar dengan memanfaatkan waktu luang untuk belajar dan memperbaiki diri untuk berkompetisi secara sehat sehingga berpengaruh positif terhadap hasil belajar (2)guru sebagai pengajar dan pendidik bukan hanya berfungsi untuk menyampaikan ilmu kepada siswa tetapi guru juga harus mampu menciptakan kondisi pembelajaran yang aktif kreatif dan menyenangkan agar siswa lebih termotivasi dan tertarik untuk belajar (3)orang tua siswa agar lebih memberikan perhatian kepada anak-anaknya (4) sekolah hendaknya menciptakan lingkungan belajar yang kondusif seperti mengatur suasana kelas yang nyaman menyediakan sarana dan prasarana seperti pengadaan bank mini perpustakaan yang dilengkapi dengan buku buku yang relevan laboratorium serta ruang praktek

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29101

Actions (login required)

View Item View Item