Pengembangan modul administrasi sarana dan prasarana berbasis guided inquiry pada kompetensi dasar mempraktikkan pengadministrasian perencanaan, pengadaan, dan permintaan sarana dan prasarana untuk meningkatkan hasil belajar (studi kasus kelas XI Program Keahlian Admini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul administrasi sarana dan prasarana berbasis guided inquiry pada kompetensi dasar mempraktikkan pengadministrasian perencanaan, pengadaan, dan permintaan sarana dan prasarana untuk meningkatkan hasil belajar (studi kasus kelas XI Program Keahlian Admini

Hidayah, Ike Nur (2016) Pengembangan modul administrasi sarana dan prasarana berbasis guided inquiry pada kompetensi dasar mempraktikkan pengadministrasian perencanaan, pengadaan, dan permintaan sarana dan prasarana untuk meningkatkan hasil belajar (studi kasus kelas XI Program Keahlian Admini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hidayah Ike Nur. 2016. Pengembangan Modul Administrasi Sarana dan Prasarana berbasis Guided Inquiry pada Kompetensi Dasar Mempraktikan Pengadministrasian Perencanaan Pengadaan dan Permintaan Sarana dan Prasarana untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi kasus pada kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dra. Wasiti S. Sos M. Si (2) Drs. I Nyoman Suputra M.Si. Kata Kunci modul guided inquiry Administrasi Sarana dan Prasarana Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah 1) menghasilkan modul administrasi sarana dan prasarana berbasis guided inquiry pada kompetensi dasar Mempraktikkan Pengadministrasian Perencanaan Pengadaan dan Pemintaan Sarana dan Prasarana untuk siswa SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto kelas XI Administrasi Perkantoran yang dilengkapi dengan pegangan guru 2) Mengetahui kelayakan modul yang telah dikembangkan melalui hasil validasi oleh ahli modul ahli materi dan pengguna modul dan 3) Mengetahui efektifitas modul dalam hasil belajar siswa yang menggunakan modul Administrasi Sarana dan Prasarana Berbasis Guided Inquiry. Penelitian pengembangan ini menggunakan rancangan model 4-D yang diadaptasi dari Thiagarajan S. Semmel D.S Semmel M.I. Melalui empat langkah penelitian yaitu tahap mendefinisikan merancang mengembangkan dan menyebarluaskan. Modul yang dikembangkan divalidasi oleh 1 orang dosen program studi Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Malang sebagai validator ahli modul 1 orang guru mata pelajaran Administrasi Sarana dan Prasarana SMKN 1 Sooko Mojokerto sebagai validator guru materi dan 6 orang siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMKN 1 Sooko Mojokerto sebagai respon terhadap modul (Uji kelas kecil). Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa komentar kritik dan saran dari validator dan uji kelas kecil. Analisis data kuantitatif menggunakan teknik persentase. Sajian dan analisis data pada penelitian ini dibedakan menjadi empat aspek yaitu (1) kelayakan isi (2) kelayakan penyajian (3) aspek kelayakan kebahasaan dan (4) kelayakan kegrafikaan. Dari hasil analisis data validasi ahli modul ahli materi dan uji kelas kecil menunjukkan bahwa rata-rata hasil validasi tersebut mencapai 94 3% yang berarti Sangat Valid . Hal ini sesuai dengan penelitian pada lapangan yang menunjukkan adanya kenaikan skor dari pretest ke post test dengan rata-rata kenaikan sebesar 31 78 pada kelas eksperimen. Kenaikan skor tersebut menjelaskan bahwa keefektifan modul yang digunakan tergolong Tinggi . Saran pemanfaatan dari penelitian ini untuk guru yakni disarankan menggunakan modul ini beserta buku pegangan guru yang sudah dibuat untuk mendampingi guru dalam penggunaan modul dikelas. Sedangkan saran untuk siswa yakni disarankan lebih baik mempelajari materinya terlebih dahulu di rumah atau disekolah sebelum jam pelajaran dimulai

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29096

Actions (login required)

View Item View Item