Pengembangan media pembelajaran dengan menggunakan adobe flash untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran kearsipan (studi pada kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 2 Malang) / Kharisma Rahardian - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran dengan menggunakan adobe flash untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran kearsipan (studi pada kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 2 Malang) / Kharisma Rahardian

Rahardian, Kharisma (2016) Pengembangan media pembelajaran dengan menggunakan adobe flash untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran kearsipan (studi pada kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 2 Malang) / Kharisma Rahardian. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahardian Kharisma. 2016. Pengembangan Media PembelajarandeganmenggunakanAdobe FlashUntukMeningkatkanHasilBelajarPada Mata PelajaranKearsipan (StudiPadaKelas X AdministrasiPerkantoran di SMK Muhammadiyah 2 Malang). Skripsi JurusanManajemen FakultasEkonomi UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Mohammad Arief M.Si. (2) Dra. Wasiti S.Sos M.Si. Kata Kunci Media Pembelajaran Adobe Flash HasilBelajar Perkembanganilmupengetahuandanteknologi (IPTEK) dewasainitelahmembawaperubahanyang pesat terutamapadamedia pembelajaran.Di SMK Muhammadiyah 2 Malang saatinimasihbelumpernahmenggunakan media pembelajaranAdobe FlashuntukmenyampaikanmateripadamatapelajaranKearsipan dan guru menyampaikanmaterimenggunakanmetodeceramahdanmenggunakan media pembelajaranberupa slide-slide ppt.Olehkarenaitu penelitimengembangkan media pembelajarandenganmenggunakanAdobe Flash. Tujuanpenelitiandanpengembangan media iniadalah (1) Menghasilkanproduk media pembelajaranmenggunakanAdobe Flashdanmelakukanujicoba media pembelajaranmenggunakanAdobe FlashpadamatapelajaranKearsipan (2) Untukmengetahuitingkatkelayakanproduk(3) UntukmengetahuihasilbelajarsiswapadamatapelajaranKearsipansetelahmenggunakan media pembelajaranAdobe Flash (4) Untukmengujiefektivitasproduk media pembelajaranmenggunakanAdobe Flash. Prosedurpengembangan media pembelajaraninimenggunakan model R D (Research and Development) olehSugiyonodenganmenyesuaikankondisilapangandanketerbatasanwaktu.Adapunlangkah-langkahyang digunakanyaitu (1) identifikasipotensidanmasalah (2) pengumpulan data (3) desainproduk (4) validasidesain (5) revisidesain (6) ujicobaproduk (7) revisiproduk dan (8) ujicobapemakaian. Hasildaripenelitiandanpengembanganiniyaituberdasarkanhasilanalisisdarivalidasiahlimateridiperolehpersentasesebesar 98 33%.Hasilanalisisdarivalidasiahli media diperolehpersentasesebesar 78 125%.Sedangkanhasilanalisisujicobapadakelompokterbatasdiperolehpersentasesebesar 83 01%.Hasildarivalidasiahlimateri ahli media danujicobakelompokterbatasmenunjukkanbahwa media pembelajaranKearsipaninisudahlayakdigunakandalam proses pembelajarandengankriteriakelayakanArikunto (2003 245).Selainitu media jugadikatakanefektifdigunakansebagai media pembelajaranditinjaudari rata-rata hasilbelajarsiswakelas X APK dengannilaiawalsebesar 78 72 sedangkan rata-rata posttest 1 (pertama) 78 06dan rata-rata posttest 2 (kedua) 82 48. Hal inimenunjukkanbahwaadanyapeningkatanhasilbelajarsetelahmenggunakan media pembelajaranberbasisAdobe Flash.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29095

Actions (login required)

View Item View Item