Pengembangan misbulo (e-modul interaktif sejarah dan budaya lokal): reog bulkiyo dalam pembelajaran sejarah kelas x man 1 blitar / Enni Dwi Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan misbulo (e-modul interaktif sejarah dan budaya lokal): reog bulkiyo dalam pembelajaran sejarah kelas x man 1 blitar / Enni Dwi Rahayu

Rahayu, Enni Dwi Rahayu (2023) Pengembangan misbulo (e-modul interaktif sejarah dan budaya lokal): reog bulkiyo dalam pembelajaran sejarah kelas x man 1 blitar / Enni Dwi Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Modul elektronik atau sering disebut e-modul merupakan salah satu bahan ajar yang disusun secara sistematis dalam bentuk digital dan bersifat lebih interaktif sehingga dapat menunjang kegiatan belajar mandiri bagi peserta didik. Penelitian dan pengembangan produk ldquo MISBULO rdquo berdasarkan hasil observasi yang menunjukkan adanya kebutuhan terkait bahan ajar berupa modul dalam bentuk digital dan potensi pengembangan materi sejarah lokal Reog Bulkiyo untuk dikaji dan digunakan dalam proses pembelajaran sesuai KD 3.8 mengidentifikasi perkembangan kehidupan masyarakat pemerintahan dan budaya pada masa kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia serta menunjukkan contoh bukti-bukti yang masih berlaku pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini. Tujuan dari penelitian dan pengembangan adalah menghasilkan produk bahan ajar ldquo MISBULO rdquo yang valid layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran sejarah di kelas X MAN 1 Blitar. Sehingga produk yang dikembangkan dalam penelitian dan pengembangan ini telah melalui tahap validasi oleh ahli dan uji coba penggunaan untuk mengetahui kevalidan kelayakan dan efektivitas dari produk yang dihasilkan. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan Sugiyono yang terdiri dari sepuluh langkah atau sepuluh tahapan yaitu 1) potensi dan masalah 2) pengumpulan data 3) desain produk 4) validasi desain 5) uji coba produk 6) revisi produk 7) uji coba produk 8) revisi desain 9) revisi produk dan 10) diseminasi produk. Metode penelitian dan pengembangan ini berdasarkan hasil observasi awal wawancara guru angket kebutuhan peserta didik dalam pembelajaran sejarah serta telah melewati tahap validasi ahli serta uji coba produk. Pada tahap validasi materi diperoleh hasil 97 91% sehingga materi bahan ajar tegolong dalam kategori sangat valid. Sedangkan pada tahap validasi bahan ajar diperoleh hasil 87 5% sehingga bahan ajar juga dikatakan sangat valid dan dapat digunakan untuk uji coba penggunaan di sekolah. Tahap selanjutnya uji coba penggunaan produk yang dilakukan di kelas X8 MAN 1 Blitar. Hasil uji coba terbatas kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 87 8% dan hasil uji coba kelompok besar memperoleh persentase sebesar 90 83% sehingga bahan ajar tergolong dalam kategori sangat layak. Berdasarkan hasil perhitungan persentase hasil pre-test dan post-test diketahui meningkat sebesar 37 08%. Selain itu produk dikatakan efektif apabila efektivitas tercapai dengan ketentuan hasil yang didapatkan dari post-test nilai targetnya berbanding sama atau lebih besar dari 1. Nilai rata-rata yang didapat dari hasil post-test adalah 91 38 sedangkan nilai targetnya 75 sehingga mendapatkan skor hasil perhitungan efektivitas sebesar 1.2185. Berdasarkan perolehan data tersebut maka penggunaan produk ldquo MISBULO rdquo tergolong sangat efektif. Pengembangan bahan ajar ldquo MISBULO rdquo yang memuat materi sejarah lokal Reog Bulkiyo tergolong sangat layak. Namun masih dijumpai kelemahan-kelemahan yang memerlukan perbaikan dan penyempurnaan lebih lanjut. Peneliti merekomendasikan saran perbaikan untuk pengembangan lanjutan produk serupa dan sejenis dengan beberapa poin antara lain (1) Peneliti berharap ada pengembangan produk selanjutnya yang masih berkaitan dengan tema yang dibahas yaitu materi sejarah lokal tentang kesenian Reog Bulkiyo seperti perbedaan spesifik antara kesenian Reog Bulkiyo dengan kesenian sejenis (2) Peneliti berharap dengan adanya pengembangan produk lebih lanjut dapat lebih memperhatikan kebutuhan peserta didik sebagaimana mestinya sehingga produk lebih efisien dan tepat digunakan oleh peserta didik dan (3) Pengembangan produk selanjutnya dapat dipadukan dengan media-media yang berbasis audio-visual seperti penambahan video atau animasi untuk menarik minat peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/290949

Actions (login required)

View Item View Item