Pengembangan podcast materi pertempuran 10 november 1945 di Surabaya untuk pembelajaran sejarah peserta didik Kelas xi IPS SMA Negeri 3 Ponorogo / Bella Merly Farohmatul Ummah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan podcast materi pertempuran 10 november 1945 di Surabaya untuk pembelajaran sejarah peserta didik Kelas xi IPS SMA Negeri 3 Ponorogo / Bella Merly Farohmatul Ummah</p>

Ummah, Bella Merly Farohmatul (2023) Pengembangan podcast materi pertempuran 10 november 1945 di Surabaya untuk pembelajaran sejarah peserta didik Kelas xi IPS SMA Negeri 3 Ponorogo / Bella Merly Farohmatul Ummah</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ummah Bella Merly Farohmatul 2023. Pengembangan Podcast Materi Pertempuran 10 November 1945 Di Surabaya Untuk Pembelajaran Sejarah Peserta Didik Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Ponorogo. Skripsi Departemen Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Aditya Nugroho Widiadi S.Pd M.Pd . Ph.D Latar belakang dalam penelitian ini didasarkan pada variasi media pembelajaran yang belum banyak dimanfaatkan sebagai media pembelajaran sejarah. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi awal diketahui beberapa permasalahan di SMA Negeri 3 Ponorogo yaitu dalam pembelajaran sejarah lebih dominan menggunakan media pembelajaran visual dan kurang memfasilitasi peserta didik yang memiliki gaya belajar audiotori. Menurut hasil observasi peneliti dengan menggunakan tes gaya belajar peserta didik kelas XI IPS kebanyakan memiliki gaya belajar auditif. Selain itu peserta didik di SMA Negeri 3 Ponorogo mengalami kesulitan dalam mencapai pemahaman terkait materi sejarah ldquo Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya rdquo karena pendidik hanya menerangkan secara garis besar saja. Berdasarkan hasil observasi terhadap peserta didik di SMA Negeri 3 Ponorogo juga diidentifikasi mengenai ketertarikan mereka dengan pembelajaran yang menggunakan smartphone terlebih sekolah juga mengizinkan peserta didik untuk membawa smartphone. Fasilitas di SMA Negeri 3 Ponorogo cukup mendukung dalam mengakses dan menggunakan jaringan internet. Tujuan dari adanya penelitian dan pengembangan yang dilakukan oleh peneliti ini yaitu untuk menghasilkan suatu media pembelajaran berupa podcast dan dilakukan melalui proses uji kevalidan produk tersebut. Dalam penelitian ini menggunakan model prosedural dari Sugiyono. Alasan pemilihan model prosedural oleh Sugiyono ini karena memungkinkan peneliti untuk merevisi produk dalam setiap tahapan sehingga menghasilkan produk yang benar-benar layak dan bermanfaat untuk pendidik dan juga peserta didik. Tahapan penelitian yang di kemukakan oleh Sugiyono meliputi (1) Potensi dan Masalah (2) Pengumpulan data (3) Desain produk (4) Validasi desain (5) Revisi desain (6) Uji coba produk (7) Revisi produk (8) Uji coba pemakaian (9) Revisi produk akhir (10) Produksi massal. Instrumen penelitian kuantitatif dan kualitatif yaitu data validasi dari ahli materi dan ahli media serta instrument kualitatif dari hasil penelitian ke lapangan berupa wawancara dan angket. Tahap validasi materi dan media dilakukan oleh Bapak Arif Subekti S.Pd. M.A. selaku ahli materi dan juga Bapak Wahyu Djoko Sulistyo S.Pd. M.Pd selaku ahli media yang merupakan dosen Departemen Sejarah Universitas Negeri Malang. Validasi produk media pembelajaran podcast pada materi menghasilkan persentase sebesar 92 5% sedangkan pada media podcast menghasilkan persentase 90 0%. Dari hasil persentase tersebut juga terdapat kritik dan saran dari validator ahli materi untuk merevisi materi peneliti sesuai dengan saran yang diberikan. Sedangkan pada ahli media media podcast direvisi sesuai saran dari ahli materi. Setelah peneliti merevisi produk yang berupa materi pada media audio podcast disimpulkan bahwasanyaa media pembelajaran podcast yang telah dikembangkan oleh peneliti sudah valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran sejarah. Harapan dari peneliti media podcast dapat dikembangkan dengan materi lain dan digunakan sebagai media pembelajaran sejarah sesuai dengan karakter dan minat peserta didik fasilitas sekolah dan juga apa yang dibutuhkan oleh peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 May 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/290940

Actions (login required)

View Item View Item