Pengaruh dukungan pendidikan, keluarga, dan lingkungan terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi / Dewi Kurniasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh dukungan pendidikan, keluarga, dan lingkungan terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi / Dewi Kurniasari

Kurniasari, Dewi (2016) Pengaruh dukungan pendidikan, keluarga, dan lingkungan terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi / Dewi Kurniasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurniasari Dewi. 2016. Pengaruh Dukungan Pendidikan Keluarga dan Lingkungan terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Madziatul Churiyah S.Pd. M.M (II) Drs. H. Mohammad Arief M.Si. Kata Kunci Dukungan Pendidikan Dukungan Keluarga Dukungan Lingkungan Minat Berwirausaha SMK sebagai lembaga pendidikan bertujuan menyiapkan peserta didiknya untuk menjadi tenaga kerja yang terampil. Akan tetapi masih banyak lulusan SMK di Indonesia yang menjadi pengangguran. Salah satu upaya untuk mengurangi jumlah pengangguran tersebut adalah dengan menjadi seorang wirausaha. Dalam menumbuhkan minat berwirausaha perlu adanya dukungan dari pendidikan keluarga serta lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) deskripsi dukungan pendidikan dukungan keluarga dukungan lingkungan dan minat berwirausaha (2) pengaruh dukungan pendidikan terhadap minat berwirausaha (3) pengaruh dukungan keluarga terhadap minat berwirausaha (4) pengaruh dukungan lingkungan terhadap minat berwirausaha. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu dukungan pendidikan (X1) dukungan keluarga (X2) dan dukungan lingkungan (X3) serta variabel terikat yaitu minat berwirausaha (Y). Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi sebanyak 668 siswa dengan sampel yang digunakan sebanyak 134 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi serta angket atau kuisioner dengan lima alternatif jawaban sesuai skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) dukungan pendidikan siswa adalah sangat tinggi (2) dukungan keluarga siswa adalah tinggi (3) dukungan lingkungan siswa adalah tinggi (4) minat berwirausaha siswa adalah sangat tinggi (5) dukungan pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha (6) dukungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha (7) dukungan lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha. Berdasarkan hasil penelitian peneliti menyarankan (1) bagi guru hendaknya lebih banyak melaksanakan praktik kewirausahaan (2) bagi siswa diharapkan dapat dapat kreatif dan inovatif serta dapat menangkap peluang untuk berwirausaha dengan cara menciptakan usaha sejak masih sekolah. (3) bagi orang tua hendaknya lebih melibatkan anak untuk melakukan aktivitas kewirausahaan di rumah serta mengarahkan anak untuk menyoroti wirausaha di lingkungan sekitarnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29094

Actions (login required)

View Item View Item