Pengembangan media atleo (creative learning video) dengan materi VOC di Indonesia untuk pembelajaran Sejarah Kelas x di SMK Negeri 4 Malang / Ganiswara Adhitya Putra Wibowo</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media atleo (creative learning video) dengan materi VOC di Indonesia untuk pembelajaran Sejarah Kelas x di SMK Negeri 4 Malang / Ganiswara Adhitya Putra Wibowo</p>

Wibowo, Ganiswara Adhitya Putra (2022) Pengembangan media atleo (creative learning video) dengan materi VOC di Indonesia untuk pembelajaran Sejarah Kelas x di SMK Negeri 4 Malang / Ganiswara Adhitya Putra Wibowo</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wibowo Ganiswara Adhitya Putra. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran ATLEO (Creative Learning Video) Dengan Materi VOC di Indonesia Untuk Pembelajaran Sejarah Kelas X di SMK Negeri 4 Malang. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. R. Reza Hudiyanto M. Hum. Kata Kunci pengembangan media pembelajaran sejarah ATLEO video VOC Kajian ini didasarkan pada pentingnya pengembangan inovasi pembelajaran dalam pembelajaran sejarah begitu pula yang terjadi pada peserta didik kelas X Animasi A di SMK Negeri 4 Malang yang belum dapat memahami materi Sejarah Indonesia dengan baik. Hal ini dikarenakan materi pembelajaran yang padat dan pemanfaatan media pembelajaran belum optimal. Video merupakan media yang menampilkan gerakan seperti rekaman video animasi komputer dan sebagainya. Video ini digunakan sebagai media pembelajaran guna meningkatkan minat belajar peserta didik dan pemahaman materi. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan media video pembelajaran sejarah ATLEO menguji kelayakan media dan menguji efektivitas media dengan materi VOC di Indonesia di kelas X Animasi A SMK Negeri 4 Malang. Materi VOC di Indonesia yang dikemas dengan media pembelajaran video diharapkan mampu membantu peserta didik dalam mempelajari VOC lebih detail terutama dari sudut pandang VOC sebagai perusahaan multinasional. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan Research and Development (R amp D). Prosedur penelitian dan pengembangan diadaptasi dari langkah penelitian dan pengembangan milik Borg and Gall (1989) yang disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan. Penelitian ini dibatasi pada tahap studi pendahuluan perencanaan produk pengembangan produk uji coba awal revisi desain produk uji coba lapangan uji pelaksanaan lapangan dan penyempurnaan produk akhir. Hasil validasi ahli materi menunjukkan presentase sebesar 92 5% validasi ahli media menunjukkan presentase 84 2% validasi praktisi Pendidikan menunjukkan presentase sebesar 96%. Berdasarkan hasil presentase dari para validator dapat disimpulkan media pembelajaran ATLEO sangat layak untuk digunakan pada pembelajaran sejarah. Serta hasil data kelompok kecil memperoleh presentase 87 5% dan hasil data kelompok besar memperoleh presentase 91 4%. Berdasarkan hasil presentase tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ATLEO sangat efektif digunakan dalam pembelajaran sejarah karena sajian dalam bentuk gerak lebih menarik bagi peserta didik yang selama ini hanya disajikan materi dalam bentuk teks atau gambar statis. Pengembangan lebih lanjut dari penelitian ini adalah pembentukan media yang lebih inovatif serta penambahan informasi materi animasi dan ilustrasi guna memaksimalkan penyampaian materi dalam pembelajaran yang lebih efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 May 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/290925

Actions (login required)

View Item View Item