Penmgembangan modul mata pelajaran otomatisasi perkantoran berbasis demonstrasi pada kompetensi dasar mengoperasikan microsoft power point untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan siswa (studi pada siswa kelas X SMK PGRI Turen) / Amynur Yuviantono - Repositori Universitas Negeri Malang

Penmgembangan modul mata pelajaran otomatisasi perkantoran berbasis demonstrasi pada kompetensi dasar mengoperasikan microsoft power point untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan siswa (studi pada siswa kelas X SMK PGRI Turen) / Amynur Yuviantono

Yuviantono, Amynur (2016) Penmgembangan modul mata pelajaran otomatisasi perkantoran berbasis demonstrasi pada kompetensi dasar mengoperasikan microsoft power point untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan siswa (studi pada siswa kelas X SMK PGRI Turen) / Amynur Yuviantono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yuviantono Amynur. 2016. Pengembangan Modul Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran Berbasis Demonstration pada Kompetensi Dasar Mengoperasikan Microsoft Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Siswa (Studi Pada Siswa Kelas X SMK PGRI Turen). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Madziatul Churiyah S.Pd. M.M. (II) Afwan Hariri Agus Prohimi S.E. M.Si. Kata Kunci Modul Otomatisasi Perkantoran Demonstration Mengoperasikan Microsoft Power Point. Penelitian Pengembangan ini didasari oleh terbatasnya bahan ajar mata pelajaran Otomotisasi Perkantoran. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa bahan ajar Otomatisasi Perkantoran masih terbatas guru lebih banyak memberikan tugas daripada menyampaikan materi dan perhatian siswa dalam proses pembelajaran juga masih rendah sehingga mempengaruhi hasil belajar dan keterampilan. Pembelajaran Otomatisasi Perkantoran dengan menggunakan modul berbasis demonstrasi diharapkan membuat siswa dengan mudah memahami materi dalam proses pembelajaran.Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menghasilkan modul mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran berbasis demonstrasi pada kompetensi dasar mengoperasikan Microsoft Power Point untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan siswa (2) untuk mengetahui kelayakan modul yang telah dikembangkan melalui hasil validasi ahli materi dan ahli media (3) untuk menguji efektivitas hasil belajar dan keterampilan siswa kelas X APK di SMK PGRI Turen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R D) dari Sugiyono yang terdiri dari 9 tahap. Tahap I potensi dan masalah Tahap II pengumpulan data Tahap III desain produk Tahap IV validasi data Tahap V revisi desain Tahap VI ujicoba produk Tahap VII revisi produk Tahap VIII ujicoba pemakaian dan Tahap IX revisi produk. Produk dikembangkan menggunakan aplikasi Corel Draw XIV Adobe Photoshop CS 6 dan Microsoft Office Word 2013. Produk divalidasi oleh validator ahli (materi modul dan siswa) dan diujicobakan dalam kelas. Produk pengembangan berupa modul Otomatisasi Perkantoran berbasis demonstrasi yang merupakan bahan ajar tercetak. Hasil validsi produk oleh ahli materi (88 46%) ahli modul (94 44%) dan siswa (79 16%) menunjukkan tanggapan positif untuk setiap indikator.Rata-rata nilai akhir tes kognitif dan keterampilan kelas eksperimensebesar 73 71 dan kelas kontrol sebesar 68 07. Hasil validasi dan ujicoba menunjukkan bahwa modul Otomatisasi Perkantoran berbasis demonstrasi valid dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran di SMK PGRI Turen. Saran pemanfaatan produk lebih lanjut diuraikan sebagai berikut (1) untuk penelitian pengembangan yang selanjutnya dapat dilakukan sampai tahap produk massal pada khususnya kelas X APK dan guru Otomatisasi Perkantoran (2) untuk dikembangkan juga pada kompetensi dasar lainnya atau dalam satu semester mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran (3) untuk diajarkan selama tiga kali pertemuan dengan materi yang sama supaya keefektifan peningkatan keterampilan siswa dapat diukur dengan baik (4) mencetak modul sesuai dengan jumlah siswa secara keseluruhan untuk memperlancar proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29091

Actions (login required)

View Item View Item